Contoh Media Pembelajaran Sejarah SMA/SMK kelas 10, 11, 12

Media Pembelajaran Sejarah SMA – Media pembelajaran secara umum merupakan alat di dalam membantu proses berguru mengajar. Apapun dan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar, itulah yang dinamakan media pembelajaran. Adapaun batasan-batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, insan dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran ataupun pelatihan.

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya wacana media pembelajaran sejarah SMA, namun sebelum itu kami akan memperlihatkan beberapa ulasan terlebih dahulu yakni wacana posisi media pembelajaran. Oleh alasannya ialah proses pembelajaran merupakan salah satu proses dari komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka dari itu media pembelajaran juga menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen dari sistem pembelajaran itu sendiri.

Coba kita bayangkan, bila tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan pernah bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran ialah komponen integral dari sistem pembelajaran. Di kurun modern ini, dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pendidikan, acara pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan interaktif serta tanpa memperlihatkan kesan membosankan.

Contohnya dalam hal ini ialah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran semoga isi bahan lebih menarik dan memudahkan siswa.

Dalam aspek media pembelajaran sejarah, salah satu media yang sering digunakan di dalam pembelajarannya ialah media peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah ialah peninggalan berupa benda-benda yang mempunnyai nilai sejarah dan masih ada hingga kini. Berdasarkan pengertian tersebut peninggalan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Benda tersebut berasal dari masa lampau.
  2. Bernilai sejarah artinya benda tersebut terkait dengan peristiwa masa lalu
  3. Benda tersebut masih ada wujudnya hingga kini,baik dalam keadaan utuh maupun sudah rusak.

Banyak sekali bentuk – bentuk peninggalan sejarah, sehingga kerapn pula dugunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Salah satunya ialah dalam bentuk tulisan, misalnya prasasti. Prasasti ialah peninggalan sejarah yang berupa goresan pena atau gambar pada batu. Sehingga prasasti disebut juga watu tulis. Prasasti berisi wacana suatu peristiwa penting yang dialami oleh suatu kerajaan atau seorang raja.

Kemudian ada juga naskah kuno, naskah kuno merupakan dokumen-dokumen penting yang berisi info di jaman dulu. Naskah kuno juga dapat berupa karya sastra ibarat syair, hikayat, legenda dan kitab-kitab. Contoh naskah kuno ialah Kitab Sutasoma dan Negara-kertagama dari Kerajaan Majapahit dan Kitab Tajussalatina dari kerajaan Melayu.

Demikian info yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya wacana media pembelajaran sejarah SMA, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.