Contoh Media Pembelajaran BK Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9 Lengkap

Media pembelajaran BK SMP – untuk membuat pelajaran mudah diterima oleh siswa, pastinya tidak lepas dari pemakaian media yang paling cocok untuk mendukung proses pembelajaran yang berlangsung. Atau bisa dikatakan sebagai peralatan yang bisa dipakai atau di gunakan untuk bisa merangsang perkembangan fisik, sosial, motorik, emosi, kognitif, kreatifitas serta bahasa anak yang bisa mendorong munculnya proses berguru mengajar dalam diri anak. Sehingga membutuhkan Media pembelajaran BK SMP.

Sedangkan pengertian media pembelajaran pada bimbingan konseling termasuk hal yang digunakan sebagai salah satu perantara ataupun pengantar ketika guru BK (konselor) telah melakukan kegiatan BK, menyerupai konselor ketika sedang melakukan konseling individu yang membutuhkan ruang konseling, sarana konseling yang dapat berupa media elektronik ataupun bahkan juga non elektronik. Selain itu Bimbingan dan konseling yang merupakan suatu proses untuk pemberian dukungan terhadap individu (siswa), yang dilaksanakan lewat banyak sekali macam layanan. Sehingga layanan tersebut dengan semakin berkembangnya zaman, tidak hanya bisa dilakukan ketika tatap muka langsung, namun juga dapat menggunakan media ataupun teknologi berita yang sudah ada.

Media Elektronik untuk media mata pelajaran Bimbingan dan Konseling
Dukungan dari media layanan BK bisa diperoleh dengan tersedianya data akurat yang untuk ketika ini paling sempurna bila data tersebut telah didapat dari sistem komputasi. Hal ini bertujuan supaya bisa bertahan sekaligus diterima masyarakat, sehingga bimbingan dan konseling haruslah bisa disajikan dengan bentuk yang efisien serta efektif ialah dengan menggunakan media ICT atau (Information and Communications Technology) yang dengan kata lain haruslah melibatkan sarana teknologi informasi, terutama teknologi berita pada bimbingan dan konseling. Pemakaian ICT pada konseling juga mengarah terhadap pengembangan media konseling. Tidak hanya bisa dilakukan dengan tatap muka, namun konseling juga bisa dilakukan dengan jarak jauh.

  1. Konseling lewat telepon.
  2. Konseling dengan dukungan computer.
  3. Konseling lewat internet.

Untuk penerapan Kurikulum sekarang ini, guru BK yang ada di sekolah akan menunjukkan pelayanan terkait dengan pengembangan diri, berdasarkan minat dan juga bakat sekaligus mempertimbangkan tahapan dari peran perkembangan siswa dalam lingkup sekolah, ini Karena adanya keberagaman individu dalam satu kelas. Guru BK disertai wali kelas maupun guru mata pelajaran akan menjadi pendamping pada setiap proses pembelajaran yang berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan dalam membantu penerima didik biar bisa menuntaskan seluruh mata pelajaran seoptimal mungkin sesuai dengan potensi kemampuan akademik, bakat dan minatnya. biar hambatan dan kemungkinan terjadinya kegagalan dapat diprediksi, dan diketahui sehingga bisa dibimbing semenjak dini. Disamping itu, biar bisa membimbing penerima didik guna menentukan pilihannya dengan mampu bangun diatas kaki sendiri dan bisa mengambil keputusan. Dan penting sekali menggunakan Media pembelajaran BK SMP dalam proses pembelajaran tersebut.

gambar media pembelajaran BK

Selanjutnya silahkan unduh teladan media pembelajaran BK melalui link dibawah