Contoh Kalimat Fakta dan Opini dalam Kehidupan Sehari-hari

Kalimat fakta dan opini setiap hari sering kita temui, namun apakah sobat mampu membedakan mana fakta mana opini?

Walaupun secara arti keduanya memiliki makna yang jauh berbeda, namun dalam konteks kalimat, kita cukup kesulitan dalam menentukan mana pola kalimat fakta dan opini. Untuk itu semoga artikel ini akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan sobat seputar fakta opini 🙂

Hai sobat semua, nah kembali lagi nih menulis bahan pelajaran sekolah, setelah lama vakum sebab libur sekolah, pada artikel pertama ini saya akan menyebarkan mengenai pola kalimat fakta dan opini dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi sobat yang belum tahu, bahan ini merupakan bahan bahasa Indonesia untuk kelas 10 kurikulum 2013, jadi bagi sobat yang sedang membaca artikel ini selamat ya sebab sudah mulai duduk di kursi SMA, semoga ilmu sobat semua ditambah oleh Yang Mahakuasa Yang Maha Esa dan dapat lulus dan diterima di PTN yang diinginkan.

Kita kembali lagi ke materi, fakta dan opini memang 2 hal yang sangat erat hubungannya, dalam suatu teks atau suatu diskusi yang kita dengar di TV, bila sobat amati dengan seksama, akan ada banyak kalimat fakta dan opini yang disampaikan oleh narasumber.

Cukup sulit memang untuk memebedakan keduanya bila konteksnya sudah dalam bentuk diskusi ibarat itu, pasalnya kita sendiri tidak mengetahui data-data yang mampu kita gunakan untuk membedakan mana fakta mana opini, tapi bila hanya dalam konteks pelajaran, tentu hal itu tidak akan terlalu susah untuk sobat semua.

Oh ya, bila sobat ingin mencar ilmu dan sedang mencari bimbel online, sobat mampu cek Ruangguru, disana sobat mampu menemukan aneka macam fitur unggulan yang mampu sobat saluran dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Makara jangan lupa cek link diatas.

Nah tidak usah berlama-lama, pribadi saja kita mulai pembahasan kita 🙂

Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Sebelum kita mulai membahas contoh, kita cari tahu sedikit terlebih dahulu perbedaan dari fakta dan opini walaupun bekerjsama saya tahu kalau sobat semua sudah paham, tapi tidak apalah, itung-itung untuk membuat artikel ini semakin lengkap.

Pengertian Kalimat Fakta dan Opini

Kalimat fakta yaitu kalimat yang isinya sudah terbukti kebenarannya sebab sudah ada data yang mendukung besar lengan berkuasa pernyataan tersebut.

Kalimat opini yaitu kalimat yang isinya belum terbukti kebenarannya sebab belum ada data yang cukup valid atau hanya keluar dari pernyataan segelintir orang saja. Biasanya kalimat opini ini mampu saja menjelma kalimat fakta seiring diperolehnya fakta-fakta gres yang menguatkan pernyataan atau kalimat tersebut.

Oke semoga penjelasan saya diatas tidak membingungkan ya 🙂

Lanjut sob, sekarang kita lihat beberapa pola kalimat fakta dan opini, berikut ini kumpulan kalimat tersebut.

# Contoh kalimat Fakta

  • Jakarta yaitu ibukota negara Indonesia
  • 17 Agustus 1945 yaitu hari kemerdekaan negara Indonesia
  • Ir. Joko Widodo yaitu presiden Indonesia yang ke-7
  • Ir. Soekarno yaitu presiden pertama negara Indonesia
  • Matahari terbit dari timur dan terbenam ke barat
  • Satu jam sama dengan 60 menit
  • Setiap tanggal 17 Agustus diadakan upacara bendera
# Contoh kalimat Opini
  • Hujan yaitu penyebab banjir di desa tetangga
  • Biaya hidup di kota-kota besar cukup mahal
  • Internet menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang
  • Harga tanah di perkotaan sangat mahal
  • Biaya internet di Indonesia sangat mahal
  • Banyak siswa SD menjadi korban tayangan sinetron di TV
  • Banyak cendekia balig cukup akal terjerat kasus hukum
Jika kita melihatnya dalam bentuk satu atau dua kalimat kita masih mampu membedakannya dengan cukup mudah, namun bila konteksnya dalam bentuk kalimat, maka sobat mungkin akan sedikit kesulitan.

Untuk itu selanjutnya saya akan memperlihatkan pola kalimat fakta dan opini dalam satu paragraf, nanti saya akan menandai kalimat fakta dengan penebalan, sedangkan kalimat opini dengan garis bawah.

Nah sebab tema paling erat dengan kita yaitu tema pendidikan, maka saya akan membuat 1 paragraf pola kalimat fakta dan opini wacana pendidikan. Silahkan disimak 🙂

Contoh Kalimat Fakta Opini Dalam Teks

Perlukan diadakan Ujian Nasional?

Ujian Nasional atau UN yaitu aktivitas wajib bagi seluruh siswa kelas 6, 9, dan 12 di Indonesia. UN menjadi salah satu syarat kelulusan bagi seluruh siswa. Kebanyakan siswa beranggapan UN yaitu momok menakutkan, sebab jerih payah mereka selama di sekolah, hanya ditentukan oleh ujian yang hanya diadakan paling lama 1 minggu. Banyak pihak menilai UN tidak efektif sekarang ini, pasalnya banyak ditemui kebocoran soal UN. Walaupun sekarang UN tidak dijadikan satu-satunya penentu kelulusan, tapi setidaknya ada yang perlu dirubah dalam hal sistem pendistribusian biar tidak terjadi kebocoran-kebocoran soal yang mana akan digunakan untuk oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk memperoleh keuntungan dengan menjual kunci jawaban.

Nah itu ia untuk pola kalimat fakta dan opini, nah bila sobat ingin berlatih soal-soal seputar menentukan fakta dan opini, sobat mampu membaca artikel teks berita yang mampu sobat jadikan latihan untuk membedakan pola kalimat fakta dan opini dalam berita. Nah untuk pola kalimat fakta dan opini wacana persoalan lingkungan, mungkin akan saya bahas pada lain waktu bila ada kesempatan.

Sekian dari saya jangan lupa share ke sahabat yang lain bila artikel ini bermanfaat untuk sobat 🙂