Contoh Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar

Yo semua apa kabar kalian, nah kali ini akan mengembangkan artikel perihal Cara Membuat Essay untuk teman semua. Nah tentunya teman sebelumnya harus tahu terlebih dahulu dong pengertian essay itu sendiri. Bagi teman yang belum tahu, pada artikel nanti akan saya jelaskan pengertian dan juga contoh essay yang baik sehingga teman akan lebih paham lagi.

Kemampuan untuk membuat sebuah esai sangatlah penting untuk sobat-sobat semua yang berpendidikan ini. Hal ini untuk memberikan pendapat teman atau apa yang ada dibenak teman perihal sesuatu hal kepada orang lain atau khalayak umum.

Tentu jikalau memberikan atau menuliskan sebuah pendapat, tidak boleh secara sembarangan atau seenaknya sendiri, ada aturan-aturan yang perlu teman ketahui. Nah salah satu sarana yang bisa teman gunakan untuk memberikan opini teman ya dengan cara menulis essay itu sendiri.

Sobat sudah penasaran ya perihal pengertian esai? nah berikut ini akan saya jelaskan pengertiannya untuk teman secara terang dan lengkap. Silahkan teman simak baik-baik ya…

Pengertian Esai

Pengertian dan Contoh Essay

Esai yaitu suatu goresan pena yang menggambarkan opini penulis perihal subyek tertentu yang coba dinilainya.

Nah saya yakin dari pengertian singkat diatas saja teman sudah tahu yang dimaksud dengan esai ini. Sedikit embel-embel saja, esai memiliki 3 adegan yang perlu teman ketahui. Berikut 3 adegan tersebut :

  1. Pendahuluan, isinya perihal latar belakang gosip yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar perihal subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.
  2. Tubuh esai, berisi perihal semua gosip yang akan disajikan.
  3. Penutup, berisi perihal kesimpulan yang bisa diambil.
Nah jikalau teman merasa resah atau kurang lengkap dengan penjelasan saya diatas, teman bisa klik disini.
Oke sebelum kita menuju ke Contoh Essay, saya akan mengajak teman untuk memahami terlebih dahulu cara membuat dan menulis essay yang baik dan benar. Silahkan teman simak ulasan saya dibawah ini….

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar

Cara Membuat Essay yang Baik

Nah berikut ini proses atau langkah-langkah membuat esai yang baik dan benar :
#1. Tentukan Tema atau Topik
Untuk membuat sebuah esai, hal yang harus pertama kali teman lakukan yaitu menentukan tema atau topik apa yang akan teman bahas. Nah tentunya topik bisa dari banyak sekali hal, artinya tidak dibatasi. Namun jikalau teman ingin banyak orang yang membaca esai miliki sobat, maka teman harus memilih Tema yang sekiranya banyak diminati oleh orang-orang.
Seperti misalnya tren atau hal-hal yang sedang booming sekarang ini dimasyarakat bisa teman jadikan wangsit untuk esai sobat. Dengan menulis esai sesuai topik yang tengah booming tersebut, tentunya orang yang melihatnya pasti sangat ingin mengetahui apa sih yang teman tuliskan, berbeda jikalau teman menggunakan tema yang tidak terlalu diminati.
Makara itulah mengapa pemilihan tema harus sangat diperhatikan.
#2. Membuat Ide-Ide atau Gagasan Penting
Setelah teman menentukan tema apa yang ingin teman bahas, selanjutnya teman harus membuat sebuah rancangan yang isinya wangsit atau gagasan penting yang hendak teman jabarkan nantinya. Saya ambil contoh misalnya jikalau teman membuat esai dengan tema kesehatan, nah sekarang teman bisa membuat rancangan ide-ide yang sekiranya menarik untuk dibahas.
Misalnya tema kesehatan, teman bisa merancang ide-ide menyerupai ini :
  • Diet sehat
  • Diet tanpa resiko
  • Bahaya diet ekstrem
  • dsb
Nantinya, teman bisa membahas point-point diatas dalam esai sobat. Makara intinya tahap ini bisa disebut juga memperkecil topik bahasan. Makara kan kalau kesehatan itu topiknya luas, dan tidak semua yang berbau kesehatan itu sedang hangat dibicarakan, hanya beberapa saja, jadi teman bisa mengambil wangsit dari beberapa hal yang berbau kesehatan yang tengah hangat dibicarakan.

Saya harap teman paham hingga disini. Kalau belum paham silahkan teman tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar dibawah. Oke kita lanjutkan….
#3. Menuliskan Pendapat
Setelah teman tahu subtema apa yang ingin teman tuliskan, selanjutnya teman bisa memulai untuk menuliskan pendapat teman mengenai hal-hal tersebut. Jika saya tadi mengambil sub tema dengan diet, maka saya bisa membuat pendapat menyerupai dibawah ini :

“Menurut saya, diet yaitu suatu tindakan yang baik untuk dilakukan dengan catatan tetap memerhatikan kesehatan diri. Tidak boleh melaksanakan diet-diet yang membahayakan diri sendiri menyerupai misalnya diet tidak makan selama 3 hari, nah itu sangat berbahaya dan tidak boleh dilakukan……”

Itu beliau contoh singkatnya, maaf ya kalau kata-katanya jelek, soalnya saya membuatnya secara langsung, dan tanpa sumber. Makara jikalau ingin membuat sebuah pendapat yang baik, teman harus membaca terlebih dahulu beberapa sumber terpercaya.

#4. Mulai Menyusun Bagian-Bagian Esai

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, esai ini terdiri dari 3 adegan yaitu pendahuluan, tubuh esai dan penutup atau kesimpulan. Berikut ini untuk lebih jelasnya :

Pendahuluan :

Bagian ini berisi perihal pengenalan perihal topik apa yang akan teman bahas. Selain itu adegan ini juga bisa teman tambahkan beberapa pernyataan teman yang menjadikan pertanyaan, sehingga nantinya pembaca akan penasaran dan akan mencari tahunya pada adegan tubuh esai. Dengan begitu, orang lain akan membaca essay teman secara utuh alasannya menurut mereka itu menarik.

Tubuh Esai :

Pada adegan ini, teman harus menuliskan banyak sekali hal yang sudah teman susun pada tahap “Membuat Ide dan Gagasan” tadi.

Pada setiap pernyataan yang teman tuliskan, usahakan terdapat data atau gosip pendukung untuk membuat para pembaca semakin paham dan mengerti. Selain itu data yang ada bisa mereka jadikan pola oh esai ini dibuat dengan serius dan bukan asal-asalan.

Penutup :

Bagian terakhir, teman bisa menuliskan kembali point-point penting dengan singkat, padat dan jelas. Bagian ini disebut juga sebagai kesimpulan. Jangan meletakkan topik lain pada adegan final ini yang seakan malah membuat esai teman terkesan tidak tuntas dalam melaksanakan pembahasan.

#5. Membuat Judul Semenarik Mungkin

Lho kok judul dibuat dibagian akhir? Wah ini artikelnya ngarang nih!!!!.

Tenang sob, bergotong-royong ini yaitu metode yang menurut saya sangat berguna. Pasalnya, membuat sebuah judul itu yaitu adegan yang paling menurut saya.

Mengapa membuat judul menjadi adegan tersulit?

Itu alasannya orang yang melihat esai kita pertama kali akan melihat adegan judul. Jika kita menulis judul yang asal-asalan, maka sebagus apapun goresan pena teman maka tidak akan ada yang membaca. Ya itu benar, jadi judul itu sangat penting.

Dengan membuat judul yang menarik, teman akan bisa menjaring banyak sekali pembaca untuk membaca esai sobat, ya itu benar.

Untuk itu buatlah judul yang memuat semua hal didalam esai sobat, namun tidak boleh terlalu panjang. Nah susah kan? Itu lah mengapa adegan judul ini saya jadikan adegan akhir.

Permainan kata-kata pada judul menjadi sangat penting. Sobat bisa membuat judul yang menjadikan pertanyaan atau pernyataan yang mengejutkan. Tentunya masih dalam batas sesuai fakta yang ada. Jangan mengada-ada judul.

Itu beliau sob, cara membuat essay yang baik dan benar, selanjutnya teman bisa melihat contoh esai yang baik dibawha ini…..

Contoh Essay yang Baik

Contoh Esai yang Baik dan Benar

Diet Keliru Menghancurkan Tubuhmu

Memiliki tubuh yang ideal yaitu dambaan banyak orang entah itu kaum adam maupun hawa. Salah satu cara yang dilakukan ya dengan melaksanakan diet ini. Ada banyak sekali metode diet yang ada didunia ini, ada yang diet biasa-biasa saja, hingga diet yang ekstrem. Tapi yang terpenting dari diet yaitu dapat menurunkan berat tubuh dan memiliki resiko 0%. Percuma kalau kita melaksanakan diet ekstrem tapi malah kesehatan kita terganggu, betul tidak?

Berikut ini akan saya tunjukkan beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui.

1. Menghindari Sarapan dan Makan Malam

Menurut kebanyakan orang, sarapan dan makan malam harus dihindari jikalau ingin menurunkan berat badan. Pernyataan tersebut SALAH besar. Ya bagaimanapun juga, sarapan sangat penting bagi tubuh jadi kalau dihilangkan nantiny akan malah membuat kondisi tubuh Anda semakin buruk.

Christine Rosenbloom, PhD, RD, CSSD., andal nutrisi dari Georgia State University, mengatakan, kapanpun waktu makan Anda, ketika Anda berlebihan mengonsumsi kalori dan tidak rajin berolahraga, berat tubuh Anda pasti akan naik dengan cepat.

2. Olahraga berlebihan dapat menurunkan berat badan

Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tubuh kita sendiri memiliki suatu batasan dalam hal berolahraga. Penurunan berat tubuh akan berhasil jikalau kau dapat melaksanakan perubahan sedikit demi sedikit pada gaya hidupmu dan konsisten. Perubahan ini tidak harus ekstrem, tapi lakukan secara bertahap dan konstan. Makara percuma kalau Anda melaksanakan olahraga namun tidak konsisten.

3. Untuk menurunkan berat badan, kau harus menahan lapar

Salah! Diet dengan menahan lapar justru dapat menyebabkan pertambahan berat tubuh alasannya kemungkinan tidak akan bertahan dalam jangka panjang. Selain itu menahan lapar alasannya tidak mengonsumsi makanan secukupnya berisiko menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan energi. Satu hal yang pasti sebagai akhir dari menahan lapar yaitu menjadikan nafsu makanmu lebih besar. Tanpa sadar, kau mungkin akan makan dalam porsi yang lebih banyak ketika aktivitas makan tiba.

Itu beliau mitos seputar diet yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Intinya ketika Anda ingin melaksanakan diet, jangan hanya memerhatikan kalau berat tubuh Anda turun, melainkan perhatikan juga kesehatan yang Anda rasakan. Karena percuma kalau berat tubuh turun namun kesehatan Anda terganggu.