Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta), Contoh, Klasifikasi, dan Reproduksi

Ciri Ciri Tumbuhan Berbiji. Tumbuhan ada aneka macam contohnya di sekitar sobat, tidak menyerupai lumut dan paku yang mungkin jarang ditemui. Jadi, sudah seharusnya teman lebih tahu dan mudah dalam mempelajari bahan ini nantinya.

Jika kau sering makan buah-buahan apa saja, emm..pastinya tahu bijinya terdapat dimana. Di dalam buah bukan? Nah, itulah teladan dari tumbuhan yang berbiji tertutup. Pernahkah juga teman memperhatikan biji kacang, ada berapa keping? Nah, itulah salah satu teladan tumbuhan berbiji yang berkeping dua. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan berbiji terbuka, contohnya apa saja?

Untuk menghilangkan rasa penasaran sobat, silakan simak ulasan bahan wacana tumbuhan berbiji yang akan mengupas berita seputar teladan tumbuhan berbiji, klasifikasi, reproduksi, serta berita tumbuhan berbiji lainnya.

Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Tumbuhan berbiji disebut juga dengan spermatophyta, berasal dari bahasa Yunani, sperma berarti biji dan phyta berarti tumbuhan. Inilah yang menimbulkan tumbuhan berbiji merupakan tumbuhan dengan sistem reproduksi yang lebih tinggi. Tidak menyerupai tumbuhan yang sebelumnya teman pelajari yaitu lumut dan paku, dimana kedua jenis tumbuhan tersebut masih berkembang biak dengan spora.

Kenapa tumbuhan berbiji lebih sempurna? (menurut saya)

Coba teman pahami lagi mengenai penjelasan ciri-ciri tumbuhan lumut dan biji. Setelah proses reproduksi, spora jantan dan betina bertemu, apakah yang akan terbentuk? Ya, tentu saja cikal bakal tumbuhan gres berupa protonema dan ada juga protalium. Kekurangannya yaitu jikalau lingkungan tidak mendukung maka calon individu gres tersebut bisa saja mati.

Berbeda halnya dengan tumbuhan berbiji. Setelah proses reproduksi, akan terbentuk yang namanya biji. Inilah cikal bakal individu baru. Namun biji tidak akan tumbuh hingga kondisi lingkungan mendukung. Artinya biji bisa bertahan hingga lama bahkan bertahun-tahun, dan gres akan tumbuh jikalau sudah menemukan kondisi lingkungan yang aman untuk berkecambah dan tumbuh.

Tapi apakah tumbuhan berbiji semua bijinya dapat tumbuh membentuk tunas? Nah, coba teman cari referensinya. Oke, kembali lagi ke materi.

Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Sebagian besar tumbuhan berbiji memiliki arti penting bagi manusia. Dapatkan teman sebutkan tumbuhan yang menghasilkan biji-bijian yang dikonsumsi oleh manusia? Bahkan sebagian besar tumbuhan berbiji juga dibungkus oleh daging buah yang enak dikonsumsi oleh manusia.

ciri ciri tumbuhan berbiji, contoh, klasifikasi, reproduksi

Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji

Pada dasarnya tumbuhan berbiji telah memiliki akar, batang, daun, juga bunga. Secara umum, ciri-ciri tumbuhan berbiji yaitu sebagai berikut.

  1. Organisme multiseluler
  2. Selnya bersifat eukariotik (memiliki inti)
  3. Dinding sel tersusun atas selulosa
  4. Memiliki klorofil
  5. Organisme autotrof, bisa menghasilkan makanan sendiri dengan fotosintesis
  6. Sudah memiliki akar, batan, dan daun sejati.
  7. Sudah memiliki berkas pengangkut berupa xylem dan floem
  8. Pada umumnya juga telah memiliki bunga sebagai organ reproduksi
  9. Tidak mengalami pergiliran keturunan (metagenesis)
  10. Berkembang biak dengan biji
  11. Ada yang memiliki biji terbuka (tidak dibungkus daun buah), ada yang berbiji tertutup
  12. Habitatnya sebagian besar di darat, tapi ada juga yang hidup di air

Klasifikasi Tumbuhan Berbiji

Jenis tumbuhan berbiji (spermatophyta) berkisar 250.000 spesies sehingga memiliki jenis yang paling banyak daripada tumbuhan lumut dan paku.

Tumbuhan berbiji dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiji tertutup.

Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas melinjo (Gnetinae), kelas pinus (Coniferinae), kelas pakis haji (Cycadinae), dan kelas Ginkonae.

Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) dibagi dalam 2 kelas, yaitu berkeping satu (Monocotyledonae) dan berkeping dua (Dicotyledonae) berdasarkan sistem penjabaran lama. Namun untuk penjabaran gres dikarenakan ada tumbuhan berkeping lebih dari dua, maka ada Liliopsida (berkeping satu) dan Magnoliopsida (berkeping lebih dari satu).

Penjelasan sistem penjabaran selengkapnya silakan pelajari disini > Klasifikasi Tumbuhan Berbiji

Contoh Tumbuhan Berbiji

Berdasarkan pembagian penjabaran tumbuhan biji di atas, maka dapat diketahui beberapa teladan tumbuhan berbiji yang dapat kita temui di lingkungan sekitar kita, antara lain sebagai berikut.

Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae), antara lain melinjo, pinus, pakis haji.

Tumbuhan berbiji tertutup berkeping satu antara lain jagung, padi, kelapa, dan lain-lain. Sedangkan tumbuhan berbiji tertutup berkeping dua antara lain, mangga, jambu, rambutan, kacang, dan lain-lain.

Materi selengkapnya wacana teladan tumbuhan berbiji silakan pelajari disini > Contoh Tumbuhan Berbiji.

Reproduksi Tumbuhan Berbiji

Biji yang dihasilkan oleh tumbuhan berbiji dihasilkan dari proses penyerbukan (jatuhnya serbuk sari pada putih). Setelah itu akan terjadi proses fertilisasi (pembuahan), proses ini akan berkembang sehingga dihasilkan embrio yang pada akibatnya akan terbentuk buah berbiji.

Penjelasan selengkapnya silakan pelajari pada bahan > Reproduksi Tumbuhan Berbiji.

Sumber:

  • Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) – Madrasah Aliah (MA), Moch Anshori & Djoko Martono
  • Biologi SMA/MA – Makhluk Hidup dan Lingkungan, Idun Kismah & Endan Sri Lestari

Jika ingin unduh materinya dalam bentuk DOC atau PDF, silakan klik link berikut

Demikian sedikit bahan lanjutan bahan tumbuhan paku sebelumnya. Semoga bahan Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang telah mampir disini. Jika ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan silakan berkomentar atau via Contact. Sampai jumpa di bahan berikutnya. Terima kasih.