Ciri-ciri, Karakteristik Gelombang, Sinusoida Periodik, Puncak, Lembah, Amplitudo, Panjang Kecepatan, Frekuensi, Jarak

Ciri-ciri, Karakteristik Gelombang, Sinusoida Periodik, Puncak, Lembah, Amplitudo, Panjang Kecepatan, Frekuensi, Jarak – Karakteristik utama suatu gelombang ditunjukkan oleh beberapa besaran yang penting, yang digunakan untuk mendeskripsikan gelombang sinusoida periodik, menyerupai diperlihatkan pada Gambar 1. Titik-titik tertinggi pada gelombang disebut puncak gelombang, sedangkan titik-titik terendah disebut lembah gelombang. Amplitudo yakni perpindahan maksimum, yaitu ketinggian maksimum puncak, atau kedalaman maksimum lembah, relatif terhadap posisi kesetimbangan. Makin besar amplitudo, makin besar energi yang dibawa. Ayunan total dari puncak hingga ke lembah sama dengan dua kali amplitudo. Jarak dua titik berurutan pada posisi yang sama disebut panjang gelombang ( λ ). Panjang gelombang juga sama dengan jarak antardua puncak yang berurutan.
 Karakteristik utama suatu gelombang ditunjukkan oleh beberapa besaran yang penting Ciri-ciri, Karakteristik Gelombang, Sinusoida Periodik, Puncak, Lembah, Amplitudo, Panjang Kecepatan, Frekuensi, Jarak
Gambar 1. Karakteristik gelombang kontinyu satu frekuensi.
Frekuensi (f), yakni jumlah puncak atau siklus lengkap yang melewati satu titik per satuan waktu. Sementara itu, periode (T), yakni waktu yang dibutuhkan untuk sekali osilasi, yaitu waktu yang berlalu antara dua puncak berurutan yang melewati titik yang sama pada ruang. Besar T yakni setara dengan 1/f.

Jarak yang ditempuh gelombang dalam satuan waktu disebut kecepatan gelombang (v). Jika sebuah gelombang menempuh jarak satu panjang gelombang (λ), dalam satu periode (T), maka kecepatan gelombang yakni sama dengan λ /T, atau v = λ /T
Karena 1/T = f, maka :
v = λ .f ………………………………………………………. (1)
Kecepatan gelombang bergantung pada sifat medium perambatannya. Misalnya, kecepatan gelombang pada tali bergantung pada tegangan tali (FT), dan massa tali per satuan panjang (m/L).
Hubungan tersebut dapat dirumuskan:
………………………………………….(2)
Dari persamaan (2), apabila besar massa per satuan panjang semakin besar, maka makin besar inersia yang dimiliki tali, sehingga perambatan gelombang akan lambat.
Anda sekarang sudah mengetahui Karakteristik Gelombang. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 298.


Sumber http://www.nafiun.com/