Ciri Ciri Drama Modern dan Lama yang Baik

Hai sobat semua, kali ini saya mau membuatkan sebuah bahan bahasa Indonesia, yaitu mengenai ciri ciri drama. Nah sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai Apa itu Drama dan apa saja unsur-unsur pembangun drama. Makara bagi kalian yang belum tahu mampu membaca artikel diatas yang sudah saya sediakan linknya.

Oke yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu ciri-ciri drama modern, ciri-ciri drama lama yang Baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. Makara mari kita mulai saja pembahasan kita.

Drama yaitu karya seni berisi dongeng yang diperankan oleh beberapa orang dan melaksanakan aneka macam acara ibarat berdialog dan lainnya sesuai naskah yang dibuat. (dikutip dari blog )

Sebuah drama akan terasa lebih hidup jikalau para pemainnya mampu meresapi tokoh yang diperankannya dengan baik, sehingga akan tercipta sebuah drama yang indah dan tidak terkesan memaksa.

Nah, ada beberapa jenis drama, yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu ciri ciri drama yang baik. Makara silahkan disimak baik-baik.

Ciri Ciri Drama Modern dan Lama yang Baik dan Benar

Ciri Ciri Drama Modern dan Lama yang Baik

Ada beberapa ciri ciri drama yang baik, nah ciri-ciri berikut merupakan ciri-ciri umum dari semua jenis drama yang ada. Berikut ciri-ciri drama :

  1. Berbentuk Dialog, maksudnya yaitu didalam drama tersebut terdapat dialog atau percakapan dua arah antar tokoh satu dengan tokoh yang lain.
  2. Ada Pemeran atau Pelaku, disetiap drama harus ada aktor atau tokoh, baik itu tokoh yag berwatak baik (Protagonis), berwatak jahat (Antagonis) atau tokoh penengah antar keduanya (Tritagonis).
  3. Dipentaskan atau Ditontonkan, setiap drama ada baiknya untuk dipentaskan atau diperlihatkan kepada banyak orang. Tujuannya selain sebagai hiburan juga mampu dijadikan pembelajaran bagi masyarakat mengenai nilai-nilai kehidupan.
  4. Waktu Pementasan kurang dari 3 Jam, dalam pertunjukan drama, waktu yang diperlukan biasanya tidak lebih dari 3 jam.
  5. Ada Penonton, setiap ada pementasan drama harus ada penonton, tanpa penonton rasanya kurang lengkap.

Nah itu ia beberapa ciri ciri drama yang baik. Selanjutnya kita akan melihat beberapa ciri-ciri dari drama modern dan drama lama.

Ciri-Ciri Drama Modern dan Drama Lama yang Benar

Nah kita mengenal yang namanya drama modern. Ya bentuk drama ini sering kita lihat pada masa sekarang. Jenis drama ini berbeda dengan drama pada tempo dulu yang terkesan sangat sederhana, tapi drama modern lebih mengikuti perkembangan zaman, misalnya adanya penggunaan lampu-lampu, musik pengiring, dan teknologi modern lainnya. Berikut beberapa ciri dari drama modern.

Ciri-Ciri Drama Modern

  1. Menggunakan aneka macam teknologi modern
  2. Cerita yang dipertunjukkan berupa cerita-cerita zaman sekarang atau juga ada beberapa yang menggunakan dongeng rakyat dengan dipadu teknologi modern.
  3. Dipentaskan diatas panggung yang cukup megah.
  4. Properti yang digunakan lebih beragam.
  5. Peminatnya umumnya dari aneka macam lapisan masyarakat.

Selanjutnya kita juga mengenal yang namanya drama lama. Walaupun sulit sekali kita temui, tetapi masih ada beberapa seniman yang masih mementaskan drama lama ini. Ada beberapa ciri drama lama yang membedakannya dengan jenis drama lainnya terutama drama modern. Apa saja mereka?

Ciri-Ciri Drama Lama

  1. Peralatan dalam pementasan masih sederhana.
  2. Cerita yang diambil mengenai dongeng rakyat.
  3. Dipentaskan diatas panggung sederhana dengan penerangan seadanya.
  4. Properti yang digunakan masih sangat terbatas.
  5. Peminatnya umumnya dari aneka macam lapisan masyarakat.

Nah itu tadi artikel mengenai ciri ciri drama, mulai dari ciri drama modern, drama lama dan ciri-ciri drama yang baik. Semoga mampu membantu sobat semua yang sedang mencari artikel yang berkaitan dengan apa yang saya paparkan disini.