Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses

Hai teman semua, pada adegan pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terdapat sebuah bahan yang berjudul Pembangunan Konteks dan Pemodelan Cerita Pendek. Nah di artikel kali ini aku akan membuat sebuah Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses yang sudah mampu dibilang sukses.

Wirausaha sukses yang akan aku bahas kali ini ialah seorang berjulukan Eka Lesmana. Walaupun sosoknya belum terlalu dikenal di masyarakat umum, tapi ia sangat dikenal di kalangan pebisnis online atau istilah kerennya yaitu IM abreviasi dari Internet Marketing.

Bagi kalian yang penasaran mengenai siapa bahwasanya Eka Lesmana dan Wirausaha apa yang ia jalani hingga mendulang kesuksesan ? Simak dongeng pendeknya dibawah ini.

Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses

Cerita Pendek Tentang Kewirausahaan

Eka Lesmana seorang yang awalnya bukan siapa-siapa dan hanya dipandang sebelah mata sekarang ini menjadi seorang yang berada. Pria yang memiliki nama asli Eko Purwanto ini lahir di keluarga yang serba kekurangan dan sudah ditinggal oleh Ibunda tercinta selama-lamanya dikala ia duduk di kelas 4 SD. Tidak hanya itu, berselang 2 tahun kemudian ayahnya menikah lagi dan menghilang tanpa kabar, hal itu membuat kehidupan Eka semakin terpuruk.
Beruntung, ia memiliki nenek yang sangat baik yang mau merawat dan membiayai sekolahnya. Karena keterbatasan biaya, Eka bersekolah hingga tamat SMP saja. Masa sekolah dari Eka Lesmana ini cukup menyentuh hati, perlengkapan sekolah menyerupai sepatu yang ia pakai merupakan santunan dari orang lain. Walau sepatu yang dimilikinya kebesaran, tetapi ia tetap mengenakannya. 
“Mendingan uangnya buat beli buku semoga pinter” Ujarnya.
Walaupun hidup dikeluarga yang serba kekurangan, namun dari segi prestasi Eka Lesmana ini cukup membanggakan alasannya ialah sering memperoleh peringkat 3 besar. Dia hobi sekali bermain komputer dikala SMP dan hal inilah yang menuntunnya untuk mendulang kesuksesan.
Setelah lulus SMP, ia galau mau mencari pekerjaan dimana dan mau kerja apa, alasannya ialah lulusan SMP sangat susah sekali untuk mendapat pekerjaan. Akhirnya ia memutuskan untuk ikut dengan Pak Leknya untuk Angon Bebek. Pekerjaan yang awalnya ia sukai alasannya ialah ia mampu melihat banyak angsa berjalan kesana-sini dan menggiringnya untuk masuk ke kandang.
Namun, mungkin alasannya ialah bukan bakatnya ya setiap kali angon bebek, pasti ada beberapa angsa yang hilang, entah itu angsa nyasar atau dimakan musang. Bebek yang ia angon awalnya berjumlah sekitar 400 an, namun lama kelamaan jumlahnya semakin berkurang, itu membuatnya sedikit galau dan hasilnya ia pun meninggalkan pekerjaannya tersebut.
Tidak hingga disitu saja, setelah bekerja angon bebek, ia kemudian ikut dengan budhenya untuk bekerja disalah satu pabrik di kota Solo. Disana Eka tidak hanya bekerja di Pabrik saja, tapi juga melaksanakan pekerjaan lain atau mampu disebut kerja serabutan menyerupai menjadi kuli bangunan dan lainnya ia tekuni. Disana ia bekerja cukup lama sekitar 1 tahunan.
Karena selalu menjunjung kualitas indah dikala bekerja, ia kemudian diajak oleh mandornya untuk ikut ke Jogja alasannya ialah pabrik ingin membuka cabang disana. Eka Lesmana juga mendapat kenaikan gaji. Nah di Jogja inilah Eka Lesmana mulai mengenai yang namanya Internet Marketing.
Saat itu, menyerupai biasa ia sedang menjaga toko dan datanglah seorang pembeli yang membeli banyak produk di toko tersebut secara rutin. Hal itu membuat Eka merasa ingin tahu mengenai usaha yang sedang ditekuni oleh wanita pembeli itu.
“Mbak punya toko sendiri ya ?” tanya Eka
“Iya mas aku punya, tapi masih kecil-kecilan kok” Jawab Pembeli
“Tapi kok belinya banyak banget, pasti tokonya besar ya?” tanya Eka
“Nggak mas, aku jualannya online, jadi banyak pembelinya, malahan hingga di pulau lain” Jawab Pembeli
“Jualan pake Facebook itu ya mbak?” tanya Eka alasannya ialah semakin penasaran
“Iya lewat Facebook juga mas, tapi lebih banyak didominasi pembeli pesannya dari website mas”
“Website itu apa to mbak?” 
“Ya kayak toko ini mas, tapi jikalau website itu modelnya Online, tapi jikalau masnya ingin tahu, mampu browsing di internet”
“iya mbak lewat Google itu yah?”
“Iya mas”
Dari percakapannya dengan wanita tadi, membuat Eka semakin penasaran dengan yang namanya Toko Online, website dan lainnya, jadi setiap habis bekerja, ia sering menyempatkan untuk pergi ke warnet. Terhitung sudah 3 bulan ia pergi kewarnet dengan waktu rata-rata 4 jam, ia berpikir jikalau itu membuatnya boros, jadi ia memutuskan untuk membeli Laptop sendiri.
Uang yang ia miliki tidak cukup untuk membeli Laptop tersebut, jadi ia hutang dengan Bosnya untuk membeli Laptop tersebut. Setelah Laptop terbeli dan semua keperluan internet juga sudah, selanjutnya ia mulai berguru membuat Toko Online. Setelah melalui proses yang cukup panjang, hasilnya ia berhasil membuat Toko Onlinenya sendiri.
Walaupun sudah berhasil membuat toko online, tidak membuat Eka pribadi mampu memperoleh uang, justru ini ialah awal dari usahanya. Awalnya tidak ada pembeli sama sekali dari toko online tersebut, penyebabnya yaitu alasannya ialah blognya tidak memiliki pengunjung.
Ia kemudian berguru bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung ke toko online miliknya dengan impian nanti ada calon pembeli yang ingin membeli produk di Toko Onlinenya. Ia memerlukan waktu 5 bulan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blognya.
Nah setelah berhasil memperoleh pendapatan dari toko online tersebut, dilema menghampiri dirinya yaitu kejenuhan. Ia agak kerepotan alasannya ialah harus mengurus toko online tersebut dan juga packing produk yang dijual sebelum dikirim ke jasa pengiriman barang.
Setelah itu ia mencari bisnis online lain yang tidak terlalu menguras tenaga. Banyak permasalahan yang dialaminya dikala itu menyerupai ditipu hingga jutaan rupiah. Tapi ia tetap tabah dan menimbulkan hal tersebut sebagai pembelajaran.
Suatu hari, ia bertemu dengan seorang pembeli di daerah kerjanya. Orang tersebut sangat enak sekali diajak mengobrol. Orang tersebut juga pernah bercerita mengenai pekerjaannya yang juga tidak jauh dengan bisnis online. Pria tersebut bekerja sebagai seorang publisher Google Adsense. Perbulannya pria itu mendapat gaji sebesar 50 juta rupiah, hal itu membuat Eka semakin bersemangat untuk mengikuti pekerjaan orang tersebut.
Pria itu memberi saran kepada Eka sebelum menekuni bidang ini, yaitu dengan berpesan “Ikuti style atau gayamu sendiri, jangan ikut-ikutan orang lain yang kau belum tentu bisa”
Eka Lesmana kemudian membuat blog dengan gayanya sendiri dan ia sangat menikmati pekerjaan barunya tersebut. Rupiah demi rupiah mulai mengalir ke kantong setiap bulannya. Awalnya sekitar 1 – 2 jutaan dan setiap bulannya semakin bertambah hingga sekarang ia mampu memperoleh penghasilan ratusan juta rupiah dari pekerjaan onlinenya tersebut dan sekarang ia menjadi seorang Internet Marketing sukses asal Indonesia.

Nah itu dia Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses sukses Eka Lesmana yang awalnya bukan siapa-siapa, sekarang menjadi wirausahawan sukses. Kisah yang cukup inspiratif dan memotivasi tentunya, ini menandakan bahwa semua orang mampu sukses tidak memandang apapun, asalkan tekun, ulet dan tidak mudah mengalah kesuksesan mampu kita capai.

Untuk referensi teks dongeng pendek singkat lainnya, silahkan cek artikel aku sebelumnya 🙂

Bagi kalian yang penasaran dengan Eka Lesmana ini dan apa yang digelutinya kalian mampu lihat video dibawah ini.