Cara Senam Pernafasan untuk Ibu Hamil

Manfaat Senam Pernafasan  Ibu Hamil

Senam Pernafasan untuk Ibu Hamil bermanfaat untuk membantu mempermudah persalinan normal. Adapun metodenya yaitu melatih pernafasan diafragma dan Pernafasan perut sehingga secara mental, ibu hamil lebih siap menghadapi persalinan terutama persalinan normal. Dengan melaksanakan latihan senam Pernafasan ini, juga dibutuhkan akan mempermudah ibu untuk persalinan secara spontan dan mengurangi rasa sakit ketika persalinan.

Manfaat Senam Pernafasan untuk Ibu Hamil

Senam pernafasan ibu hamil bermanfaat untuk memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot pada dinding perut sehingga dapat mencegah atau mengurangi resiko nyeri bokong , nyeri perut bab bawah dan mengurangi gangguan wasir pada ibu hamil. Senam pernafasan ibu hamil ini dapat melatih ibu hamil untuk mengusai teknik pernafasan, supaya menerima oksigen yang cukup ketika persalinan.

Senam pernafasan ibu hamil juga dapat mengurangi keluhan ketika persalinan, alasannya dengan latihan senam Pernafasan, didapatkan relaksasi untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan terutama menjelang persalinan. Hal ini tentu bekerjasama dengan lancarnya proses persalinan. Dengan latihan senam Pernafasan, Ibu Hamil juga akan menerima mood yang meningkat dan contoh tidur yang teratur.

Saat melaksanakan latihan senam pernafas ibu hamil, sebaiknya hindari gerakan yang menguras tenaga sehingga menimbulkan terengah-engah dan kekurangan oksigen. Saat usia kehamilan trimester kedua dan ketiga, hindari gerakan senam Pernafasan dengan posisi berbaring dan terlentang alasannya akan mengurangi pemikiran darah ke janin. Dan lakukan latihan senam hamil secara teratur setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Gerakan Senam Pernafasan untuk Ibu Hamil

Salah satu gerakan senam Pernafasan ibu hamil yaitu dimulai dengan posisi bangkit tegak dengan kaki direngangkan dan tangan tergantung disisi kiri dan kanan. Selanjutnya angkat tangan secara perlahan-lahan hingga sejajar daun indera pendengaran sambil menarik napas dan kepala ditengadahkan keatas hingga paru paru terasa terisi penuh sempurna. Setelah itu hembuskan napas perlahan lahan sambil tangan diturunkan kembali keposisi semula. Gerakan senam Pernafasan ini  terus diulang hingga beberapa kali dalam sehari. Anda juga mampu melaksanakan gerakan ini dengan posisi duduk atau bersila ibarat ketika yoga namun tidak dengan berbaring atau terlentang.

Gerakan diatas cukup sederhana, sehingga mampu dilakukan dimana saja, kapan saja dan tanpa instruktur. Bahkan juga mampu dilakukan pada awal dan tamat senam hamil. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil atau peregangan otot ringan. Anda juga mampu melaksanakan jalan sehat akan membuat peredaran darah ibu hamil lebih lancar.

Ringkasan:

  • Metode Senam Pernafasan untuk Ibu Hamil yaitu melatih pernafasan diafragma dan Pernafasan perut,
  • Senam Pernafasan ibu hamil cukup sederhana dan mampu dilakukan sendiri di rumah atau mampu sebagai pembuka dan penutup senam hamil,
  • Senam Pernafasan sebaiknya tidak dilakukan dengan berbaring atau terlentang alasannya mampu menghambat  aliran darah ke janin. 

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *