Cara Presentasi yang Baik dan Menarik

Hai sobat semua, pada artikel ini saya ingin membuatkan artikel mengenai cara presentasi yang baik dan menarik kepada sobat semua. Nah sebagai seorang pelajar ataupun mahasiswa, pasti akan melaksanakan yang namanya presentasi didepan kelas.

Biasanya guru menyuruh kita untuk melaksanakan presentasi guna mengetahui seberapa sih pengetahuan kita perihal bahan yang akan kita paparkan kepada teman-teman nanti, selain itu juga kalau sobat menjadi salah satu siswa paling pintar dikelas pasti akan sering tuh disuruh maju buat menjelaskan didepan kelas mengenai suatu materi.

Tentunya sobat inginkan mampu melaksanakan presentasi yang mampu membuat teman-teman dan guru sobat kagum? selain akan memperoleh nilai yang indah dari guru, presentasi juga akan melatih kita untuk siap kapan saja dalam memberikan suatu hal didepan umum.

Cara Presentasi yang Baik

Perlu diingat, tidak semua orang pintar itu pasti pintar juga dalam presentasi. Terkadang ada orang yang pintar sekali dalam menjawab sesuatu tapi tidak diungkapkan eksklusif kepada khalayak umum, melainkan berupa tulisan, namun ada juga yang sangat cendekia melaksanakan presentasi tetapi tidak cendekia dalam menulis.

Nah kalau boleh jujur, saya sendiri termasuk orang yang tidak terlalu pintar dalam melaksanakan presentasi, saya lebih suka dengan menulis bahan daripada menyampaikannya didepan umum. Namun, bila saya terus begitu, kapan saya mampu maju?. Kaprikornus dari situ saya mulai berguru untuk melaksanakan presentasi yang baik dan dapat diterima oleh para pendengar.

Bagi sahabat yang memiliki permasalahan yang sama dengan saya jangan bersedih, saya sendiri hingga sekarang masih rada gugup dikala disuruh presentasi, tapi tidak segugup dulu, artinya saya mulai mampu dengan lancar dan tidak malu-malu lagi dalam presentasi. Itu semua berkat apa yang saya pelajari baik itu dari guru saya maupun dari artikel-artikel yang saya baca. Nah kali ini saya akan merangkumnya untuk sahabat semua.

Cara Presentasi yang Baik dan Menarik

Untuk melaksanakan sebuah presentasi yang baik dan dapat memukau orang-orang yang mendengarkan sobat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Kaprikornus saya akan menawarkan hal-hal penting kepada sobat melalui ulasan dibawah ini :

Hal-Hal Penting Dalam Presentasi :

  • Menguasai bahan secara mendalam
  • Jika sobat menggunakan powerpoint dan semacamnya, usahakan buat dengan menarik
  • Percaya diri

Itu ia 3 hal penting yang menurut saya wajib sobat ketahui untuk mampu melaksanakan presentasi yang memukau. Mari kita ulas satu persatu point diatas tadi….

# Menguasai Materi

Presentasi yang Baik dan Menarik

Apa tujuan sobat melaksanakan presentasi? tujuannya untuk memberikan apa yang sobat ketahui kepada para pendengar kan? Nah bila sobat sendiri tidak menguasai topik yang akan sobat paparkan apakah para pendengar juga akan paham?

Itulah mengapa menguasai bahan presentasi merupakan hal wajib. Kaprikornus sebelum melaksanakan presentasi sobat sangat diwajibkan untuk memahami apa yang hendak sobat sampaikan nantinya. Dengan begitu, bila nantinya ada dari para pendengar sobat yang bertanya, maka sobat mampu menjawab pertanyaan dari mereka dengan terang dan tepat.

Posisikan diri sobat sebagai seorang yang paling pintar dikala melaksanakan presentasi. Ibaratkan teman-teman sobat itu tidak lebih pintar dari sobat, jadi nantinya sobat mampu dengan percaya diri memberikan apa yang sobat ketahui.

Saya sendiri sering melaksanakan hal tersebut, yaitu memposisikan diri saya sebagai seorang yang pintar (walau aslinya enggak heheheh) untuk membuat diri saya percaya diri. Karena percaya diri menurut saya ialah salah satu faktor penting dalam presentasi.

Untuk menguasai bahan sahabat mampu dengan menghafal atau dengan memahami saja. Bagi yang mudah sekali dalam menghafal sesuatu, hal ini sangat menguntungkan. Pasalnya sahabat mampu mengatur apa-apa saja yang ingin sahabat katakan nantinya yaitu dengan membuat sebuah naskah. Selain efisien waktu, cara ini juga mampu membuat presentasi menjadi teratur, artinya tidak loncat sana locat sini. Tapi kekurangannya bila sewaktu-waktu sahabat blank atau lupa bahan malah akan membuat kacau presentasi nantinya.

Bagi sobat yang menggunakan metode pemahaman atau memahami inti dari bahan sobat mampu menggunakan catatan kecil yang isinya point-point yang hendak sobat sampaikan. Kaprikornus nantinya sobat tinggal improvisasi kata-kata untuk memberikan point-point tersebut. Kekurangannya ialah terkadang dengan cara ini tidak efisien waktu dan biasanya malah akan membuat apa yang sobat sampaikan berbelit-belit.

Itulah 2 metode dalam penyampaian bahan presentasi menurut versi saya, sobat memiliki pendapat lain? silahkan komen dibawah nanti ya, kita lanjutin dulu artikel ini…

# Penyajian yang Menarik

Cara Presentasi yang Baik dan Menarik

Hal penting selanjutnya ialah penyajian bahan yang menarik. Nah pada artikel cara presentasi yang baik dan menarik ini akan saya jelaskan secara gamblang mengenai penyajian bahan presentasi yang menarik.

Pertama, sobat tentukan terlebih dahulu model ibarat apa yang ingin sobat gunakan, misalnya dengan powerpoint dan teman-temannya atau secara langsung. Yang akan saya ambil kali ini ialah dengan menggunakan powerpoint ya alasannya lebih umum digunakan dalam presentasi.

Penyajian dengan Powerpoint, prezi dll :

Dalam menggunakan powerpoint, prezi dll yang perlu diperhatikan ialah komposisi kata dan gambar. Usahakan gunakan kata yang seminimal mungkin namun mampu dipahami dan gunakan gambar yang paling powerfull.

Sebagai contoh, pernahkah sobat melihat presentasi yang menampilkan aneka macam kata dalam satu slide? nah apa yang ada dipikiran sobat pertama kali? pasti merasa bosan kan? jadi sebisa mungkin gunakan kata yang seminimal mungkin namun mampu dipahami. Dipahami bukan berarti keseluruhan isi bahan ya, tetapi hal dasarnya. Kaprikornus nantinya sobat tinggal menjelaskan detailnya kepada teman-teman sobat, jadi mereka tidak akan bosan dan pastinya akan memerhatikan presentasi yang sobat lakukan.

# Percaya Diri

Point penting selanjutnya ialah akidah diri dari sobat sendiri. Jika sobat tidak percaya diri terhadap apa yang sobat sampaikan pasti nantinya akan terjadi duduk perkara dikala sedang melaksanakan presentasi, entah itu blank kah, terbata-bata dikala menjelaskan dan lainnya.

Kaprikornus demi kelancaran dalam presentasi, usahakan untuk membuat diri sobat itu percaya diri. Saya sendiri untuk memunculkan rasa percaya diri saya yaitu dengan itu tadi mengakibatkan diri saya sebagai orang yang paling pintar dikelas (walaupun sebetulnya masih tidak pintar heheheh).

Dengan begitu, akidah diri kita akan bertambah dan nantinya kita akan lebih luwes dalam memberikan bahan presentasi.

Nah itu ia artikel dari saya mengenai cara presentasi yang baik dan menarik menurut versi saya, sobat memiliki versi sendiri? silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ya. Terima kasih.