Cara Penulisan Alamat Rumah yang Baik Sesuai Standar Pos Indonesia

Setiap tempat di mana pun kita berada memiliki alamatnya masing-masing paling tidak hingga dengan tingkat desa atau kelurahan.  Untuk tempat tertentu di pedalaman yang belum memiliki standarisasi alamat memang agak sulit untuk menuliskan alamat lengkapnya.  Sebaiknya dalam menuliskan alamat rumah dilakukan dengan lengkap yang memuat segala isu yang dibutuhkan orang lain untuk dapat menemukan alamat tersebut, baik untuk dikala ini maupun di masa yang akan datang.

Apabila kita mengirim suatu surat atau paket kiriman kepada seseorang lewat pihak ketiga kita harus dapat menyampaikan arah yang sempurna tanpa mengakibatkan kebingungan kepada orang yang akan mengirimkan surat atau paket tersebut.  Jika kita tidak bisa menyampaikan alamat yang benar melalui penulisan alamat yang baik, maka bukan hal yang asing kalau pihak yang kita mintai tolong untuk mengirimkan barang kita akan menolak untuk mengirimkan barang yang akan kita kirim.
Tata Urutan Penulisan Alamat di Indonesia :
1. Nama Orang
2. Nama Tempat dan Nama Jalan
3. Penomoran Rumah
4. RT dan RW
5. Desa atau Kelurahan
6. Kecamatan
7. Kabupaten atau Kota
8. Provinsi
9. Negara (Boleh tidak dipakai kalau satu negara)
10. Kode Pos
Berikut di bawah ini ialah beberapa pola penulisan alamat yang sering digunakan orang dalam surat menyurat maupun dalam hal yang lainnya.
Contoh 1 :
Udin Komarudin
Perumahan Griya Mandala, Jl. Kehormatan Blok A No.19 Rt.002 Rw.08
Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia, 11510
Contoh 2 :
Mat Sanip bin Umar Juned
Apartemen Ula Ilu Tower Melati Lantai 8 No.44
Jl. Kacang Kapri Muda Kav. 13
Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, Indonesia, 13120
Contoh 3 :
Hj. Ayu Zubaedah
Jl. Cinta Boulevard No.3 RT 07/02
Bintaro, Pesanggrahan, Jaksel, 12330
Dari pola yang telah diberikan, yang perlu kita lakukan ialah menyesuaikan alamat kita dengan alamat contoh, menyerupai tinggal mengganti nama orang yang dituju, nama jalan, nama komplek rumah, blok rumah, nomor rumah, rt rw rumah, desa / kelurahan rumah, kecamatan rumah, kabupaten / kota rumah, provinsi rumah, negara rumah, arahan pos rumah dan aneka macam isu lainnya yang diharapkan untuk membantu kelancaran orang yang akan mendatangi alamat tersebut.  Selamat menulis alamat yang baik dan benar dan biar berhasil.