Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Sakit Kepala ialah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh manusia. Hal ini disebabkan biasanya disebabkan karena Udara panas,.Aroma yang menyengat, Ikatan rambut terlalu kencang, latihan fisik berlebihan, postur badan yang salah, zat tiramin, telat makan, dehidrasi, asap rokok, konsumsi kafein berlebihan, stress dan masih banyak penyebab sakit kepala yang lain.

Adapun cara mengatasi keluhan keluhan sakit kepala yang sederhana ialah sebagai berikut:

  1. Istirahat di ruang gelap dan tenang untuk meredakan stress, yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Cara ini juga mampu melemaskan otot yang tegang karena terlalu banyak pikiran dan aktivitas. Mereka yang menderita sakit kepala jenis ini, biasanya sangat sensitif terhadap bunyi dan cahaya, sehingga dengan beristirahat di ruangan gelap dapat membuat rileks punggung, leher dan bahu.
  2. Akupuntur (Tusuk jarum) dapat membantu melepaskan endorfin untuk melegakan nyeri di leher, pundak dan kepala. Dengan metode ini dapat mengurangi gangguan sakit kepala karena ketegangan.
  3. Kafein membantu obat pereda nyeri alami bekerja lebih baik dan cepat untuk mengurangi gejala sakit kepala. Bahkan Kafein biasanya ditambahkan leh produsen obat pereda nyeri, untuk mempercepat kinerja obat tersebut.
  4. Latihan pernapasan dalam juga diketahui dapat mengurangi stres dan nyeri sakit kepala. Adapun langkah yang mampu dilakukan ialah ambil beberapa napas dalam, Buang napas secara perlahan dan lemaskan tempat yang terasa kencang dan kram sambil membayangkan hal-hal cantik dan damai. Selanjutnya turunkan dagu ke dada lalu angkat perlahan dan lembu, Putar kepala secara perlahan setengah bulat dari kiri ke kanan lalu kea rah sebaliknya. Gerakan terakhir ialah ambil napas dalam lagi dan buang napas secara perlahan.
  5. Terapi panas atau cuek untuk melegakan ketegangan dan nyeri otot yang biasanya menyertai sakit kepala. Anda mampu melaksanakan mandi air hangat atau mengompres kepala dengan handuk berair hangat atau botol air hangat. Apabila anda lebih suka kompres dingin, maka bungkuslah es kerikil di dalam handuk dan kompres di episode badan yang terasa sakit dan memicu sakit kepala.
  6. Pijat mampu dilakukan untuk meredakan ketegangan di kepala, bahu, leher. Namun tentu sebaiknya pemijatan dilakukan oleh spesialis terapi.
  7. Melakukan gerakan peregangan otot leher dapat mengurangi ketegangan otot leher karena menahan satu posisi terlalu lama. Adapun gerakan yang dilakukan ialah dengan meletakkan telapak tangan di dahi. Untuk selanjutnya gunakan otot leher untuk menekan dahi melawan telapak tangan, namun tetap jaga biar kepala tetap dalam posisi tegak.
  8. Minum obat pereda sakit kepala seperti aspirin, acetaminophen, ibuprofen yang merupakan obat bebas yang mampu dibeli tanpa resep dokter. Namun apabila dalam waktu tiga hari setelah minum obat, gejala sakit kepala tidak juga sembuh, maka segeralah berobat ke dokter.

Delapan Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala diatas mampu anda lakukan dirumah dan tanpa pengawasan. Namun apabila sakit kepala yang anda rasakan disertai demam, leher kaku, penglihatan dobel atau tidak jelas, sulit bergerak, muntah, mual, napas terengah-engah maka segeralah mencari sumbangan medis.

Ringkasan:

  • Penyebab Sakit Kepala ialah banyak faktor, namun yang paling sering ialah stress dan rutinitas yang terlalu tinggi,
  • Sakit Kepala mampu disembuhkan dengan cara mudah, murah dan tidak menghabiskan banyak waktu,
  • Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala diantaranya ialah Istirahat, Akupuntur, Kafein, Latihan pernapasan dalam, Terapi panas atau cuek dan Pijat

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *