Cara Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi

Tips Kesehatan

Merawat Buah dan Sayur perlu dipahami supaya kualitasnya tidak menurun. Selama ini Kulkas menjadi daerah andalan menyimpan materi pangan termasuk Buah dan Sayur sebab kesegarannya akan lebih terjaga. Namun tahukah anda bahwa kulkas juga bisa menjadi media penularan kuman sehingga memicu keracunan makanan.

Bakteri dan Kuman berasal dari tumpahan cairan atau dari materi makanan, termasuk makanan yang sudah dicuci sebelum disimpan. Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa basil yang ternyata bisa hidup hingga seminggu di dalam kulkas. Dan mencuci sayuran dan buah beberapa detik di bawah air mengalir tidak cukup untuk menyingkirkan debu, bakteri, kuman, atau pestisida di dalamnya.

Dibawah ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menunjukkan Cara Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi yang baik dan benar:

Cara menyimpan buah dan sayuran di dalam kulkas yang benar yakni tetap berada di dalam plastik dibandingkan meletakannya pribadi di dalam kulkas. Namun, plastik yang digunakan sebaiknya agak longgarkan sedikit, supaya kelembaban dikurangi dan pertumbuhan jamur tidak terjadi.

Cara membilas buah dan sayuran yang gres dikeluarkan dari kulkas yakni dengan mencuci setiap jenis Buah-Buahan dan Sayur dengan air mengalir. Air keran tanpa sabun bekerjsama sudah cukup bersih untuk membersihkan dengan catatan pembersihan dilakukan selama 30-60 detik.

Cara menggosok, cukup dengan menggunakan tangan secara perlahan supaya kuman dan basil mudah dihilangkan. Untuk buah dan sayuran dengan tekstur keras dan mempunyai delah kecil menyerupai brokoli atau bunga kol, Anda bisa menggunakan sikat khusus buah-buahan atau sikat gigi yang bersih. Buah-buahan menyerupai jeruk, melon, atau semangka, sebaiknya juga dicuci terlebih dahulu setelah dikupas, sebab pisau yang anda gunakan bisa saja membawa bakteri.

Selain mencuci, ada beberapa jenis sayuran berdaun hijau menyerupai daun singkong, Sayur Bayam, atau selada yang sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum di bilas dengan air mengalir. Hal ini dimaksudkan supaya pembersihan sayuran lebih maksimal.

Ringkasan:

  • Merawat Buah dan Sayur sebelum Dikonsumsi meliputi cara penyimpanan, pencucian dan pembilasan yang tepat.
  • Kulkas bisa menjaga kesejukan buah dan sayuran, namun ada beberapa basil yang tetap tidak mati,
  • Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas sebaiknya tetap dalam plastik yang longgar,
  • Mencuci buah dan sayur sebaiknya dengan alir mengalir selama 30-60 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *