Cara Menjaga Akun di Sosial Media dari Serangan Hacker

Cara Menjaga Akun

Perkembangan sosial media ketika ini memang tidak mampu di pungkiri lagi, karna begitu sangat populer dan kian bertambah-tambah jumlah pengguna nya, sosial media memiliki popularitas tanpa tanding sekarang ini, pola nya saja : Facebook, Twitter, Google+, Youtube, LinkedIn, Instagram, Pinterest dan Ngeblog menjadi bab tak terpisahkan ketika ini bagi pelaku urusan ekonomi online maupun bagi mereka yang biasa menggunakan internet dalam keseharian nya.
Orang-orang yang menyalah gunakan situs ini untuk melaksanakan hal-hal yang jahat dan tidak sebagaimana mesti nya. Sekarang pertanyaan ialah bagaimana melindungi identitas Anda dari penjahat online?

Social media merupakan media online kawasan orang-orang mampu berpartisipasi dan saling mengembangkan secara online. Hal ini mampu dilakukan melalui web ataupun teknologi mobile dan bersifat interaktif.
Beberapa bentuk social media misalnya forum, blog, microblogging, wiki, podcast, video, social networking dan social bookmarking.

Berikut Cara lain untuk mengamankan identitas Anda di Sosial Media ialah sebagai berikut:

  1. Gunakan kombinasi yang sulit untuk password, yaitu kombinasi aksara besar, aksara kecil,angka dan karakter rumit
    pola Password yang sulit di tebak : K3l1nC1(^_^)@kU3
    Mungkin anda akan bilang ” Itu kan susah di hapal? “, ya memang susah di hapal dan saya sendiri hingga sekarang semua Password saya tidak ada satupun yang saya hapal, Lalu caranya bagaimana agar kita mudah menggunakan Pass kita?,.. silahkan lanjut ke langkah ke 2
  2. Jangan Pernah mengetik Password atau email Anda,.. Bingung lagi kan?
    Ini sambungan sari langkah pertama, maksudnya yakni : Anda tulis dan simpan semua Akun di Notepad, jadi setiap mau masuk ke akun Anda tinggal Copy dan Paste… Itulah kenapa saya tidak ingat Password dari semua akun saya alasannya ialah terlalu rumit untuk di hapal.
    Pertanyaan lagi di benak anda ” Bagaimana kalau saya buka akun saya di Warnet”, balasan tetap sama yakni jangan pernah ketik pribadi email dan pass anda.
    Caranya yakni Anda simpan semua akun anda pada Flash disk, nanti ketika mau buka akun anda tinggal colok FD dan buka file kawasan anda simpan Pass tersebut.
  3. Saat login, pilih https ketimbang http kalau ada opsi untuk menggunakan https. Jangan klik link yang mencurigakan, bahkan dari sobat sendiri yang tidak biasanya mengirim link. Jika ada yang mengirim pesan ke akun Anda, selalu selidiki permintaannya.
  4. Jika ada pilihan pemulihan keamanan yang biasanya meminta no handphone anda, segera gunakan kemudahan tersebut alasannya ialah kalau ada orang lain yang akan mencoba masuk akun anda pasti mereka di minta isyarat verifikasi yang pribadi terkirim ke no Hp anda.
  5. Jika ada pilihan membuat pertanyaan santunan untuk pemulihan akun ketika lupa password, gunakan pertanyaan dan balasan yang sulit ditebak orang lain.
  6. Hindari susukan website social media di komputer yang tidak terjamin keamanannya, apalagi di warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang bagus.
  7. Sembunyikan identitas asli anda dari sobat yang tidak begitu anda kenal terutama di Sosial media, alasannya ialah masih ada hacker yang mencoba menggunakan metode ini.
  8. Jangan pernah membuat akun dengan email dan pass yang sama untuk beberapa akun Social media Anda
  9. Supaya keamanan lebih terjamin lagi jangan lupa masukkan anti virus pada Flashdisk kawasan menyimpan akun anda tadi, ini memiliki kegunaan untuk mengantisipasi serangan keyloger yang mampu menginfeksi FD tersebut.
Baca Juga:  Arti peribahasa Kecek bagai suara merendang kacang

Pertanyaan terakhir, ” Apakah dengan cara-cara di atas akun anda dijamin 100 % aman? “
Jawabannya tidak, ini hanya menjamin 85% alasannya ialah metode hacking terus berkembang, tapi setidaknya dengan cara diatas sudah cukup membantu dan menyulitkan peretas.

Social media menyerupai Facebook, Twitter, Youtube, atau blog mampu sangat bermanfaat. Namun selalu waspada, alasannya ialah identitas dan profil Anda memang harus dilindungi. Hindari orang lain membajak akun Anda di social media yang akan mendatangkan kerugian besar bagi Anda.

Semoga Bermanfaat dan kalau ada pertanyaan silahkan ejekan di kotak komentar, dan kalau ada perhiasan dari teman-teman silahkan juga tambahkan di kotak komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here