Cara Menjadikan Anak Sebagai Anak yang Jujur Tidak Suka Berbohong

Setiap orang bau tanah yang baik tentu ingin putra putrinya menjadi pribadi-pribadi yang baik.  Salah satunya yaitu menjadi orang yang jujur di mana pun mereka berada.  Anak-anak yang terbiasa jujur semenjak kecil tentu akan lebih mudah menjadi orang pintar balig cukup akal yang jujur dibandingkan dengan bawah umur yang semenjak kecil sudah gemar berbohong kepada banyak orang di sekitarnya.  Anak yang jujur tentu akan mendatangkan lebih banyak peluang mendapat doktrin dari banyak sekali pihak di banyak sekali bidang kehidupan.

Tips Cara Menjadikan Anak Kita Sebagai Anak yang Jujur dan Benci Bohong :

1. Menjadi Contoh yang Baik Bagi Anak-Anak

Jadilah orang yang baik kapan pun dan di mana pun kita berada.  Dengan demikian kita tidak perlu lagi akal-akalan menjadi orang yang baik dikala di depan bawah umur kita sendiri untuk menawarkan pola teladan yang baik bagi anak-anak.  Jika sudah membiasakan diri menjadi orang baik-baik, maka di rumah pun kita akan selalu menjadi orang baik yang akan dilihat, diamati dan ditiru oleh bawah umur kita.

2. Menghargai Kejujuran Anak

Jika seorang anak berbohong maka hendaknya jangan memarahi anak tersebut.  Lakukanlah pendekatan untuk menyadarkan anak kita bahwa sikap ibarat itu yaitu sesuatu hal yang salah dan harus diperbaiki.  Berikan kebanggaan kepada anak yang telah berani menceritakan kebenaran walaupun pada awalnya penuh dengan kebohongan.  Jangan lupa untuk menawarkan atau mencarikan solusi pada persoalan yang sedang dihadapi anak kita sehingga menyebabkan anak kita mau berkata dusta.

3. Menceritakan Kebaikan dan Keburukan Menjadi Orang Jujur

Beritahu anak menganai kelebihan dan kekurangan sebagai orang yang jujur.  Ceritakan pula wacana nasib orang-orang yang suka berbohong.  Jika anak tahu banyak sekali kebaikan yang mampu didapatkan dari kejujuran, tentu anak mampu tertarik untuk meninggalkan kebiasaan berkata bohongnya untuk menjadi orang yang jujur.

4. Melakukan Pendekatan Secara Agama

Dalam pemikiran agama Islam, bohong yaitu suatu perbuatan yang tercela yang mampu menambah dosa seseorang.  Setiap kesalahan atau dosa sekecil apa pun tentu akan ada alhasil di darul abadi kelak.  Beritahukan kepada anak bahwa sebuah kebohongan mampu menjadikan kebohongan baru.  Jika bohong sudah menjadi hal yang biasa, tentu dosa orang tersebut akan sangat banyak sekali yang mampu melemparkannya ke dalam neraka kelak setelah meninggal dunia dan setelah hari simpulan zaman kelak.

5. Menjaga Anak dari Salah Pergaulan

Beteman dengan sahabat yang salah mampu membuat bawah umur kita terpengaruh sehingga mengikuti tabiat dan kebiasaan temannya tersebut.  Jika teman-temannya tersebut suka berbohong, tentu anak kita mampu ikut-ikutan menjadi tukang bohong.  Jika anak kita berteman dengan orang-orang yang salah maka dekatilah anak dan lakukan diskusi yang baik untuk menyadarkan anak wacana resiko fatal yang sedang dihadapinya.

Itulah tadi beberapa tips yang mampu kita terapkan demi kejujuran bawah umur kita.  Kejujuran walaupun pahit terasa di awal, tentu mampu menyebarkan hasil yang membahagiakan dan manis terasa.  Tidak ibarat kebohongan yang mampu membawa pelakunya ke dalam keburukan baik keburukan di dunia maupun keburukan di akhirat.  Semoga kita semua memilki bawah umur yang jujur dan baik semua.  Terima kasih.