Cara Meningkatkan Reading Comprehension

Pemahaman bacaan atau reading comprehension yakni sebuah kemampuan yang harus dimiliki seseorang dalam memperoleh isu dari teks tertulis.  Kemampuan ini tidaklah sulit untuk kita miliki jikalau teks yang kita baca menggunakan bahasa Indonesia, dan agak sedikit sulit jikalau  teks tersebut menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia. Misalnya bahasa Inggris. Tentu kita harus memiliki kemampuan bahasa Inggris jikalau kita ingin memamahmi teks bacaan berbahasa Inggris.

Ada dua elemen penting yang saling mendukung dalam English Reading Comprehension, yaitu: Vocabulary Knowledge dan Text Comprehension. Jika kita ingin memahami teks maka kita harus bisa memahami kosakata yang digunakan dalam teks tersebut. Sangat sulit bagi kita untuk memahami Bacaan yang menggunakan bahasa Inggris jikalau kita memiliki kemampuan kosakata bahasa Inggris yang sangat minim. Akan tetapi kita  bisa menggunakan kamus sebagai alat bantu.
Di bawah ini ada beberapa tips bagaimana cara meningkatkan kemampuan reading comprehension kita:
1. Pre-Reading Survey
Pre-reading survey yakni tahap pertama yang perlu kita lakukan sebelum kita membaca, baik itu membaca buku, novel atau bacaan lainnya. Pre-readig survey dapat dilakukan dengan membaca halaman-halam awal pada bacaan tersebut. Mulai dari kata pengantar, table of contents (dafter isi), daftar singkatan, dll. Dengan melaksanakan pre-reading survey kita akan memperolah gambaran secara garis besar apa isi buku atau bacaan yang akan kita baca.
2. Tentukan tujuan membaca
Apakah tujuan kita membaca? Informasi apa yang kita cari? Apa bila kita mempunyai tujuan dan mengetahui isu apa sajakah yang ingin kita dapatkan, maka hal ini akan membantu kita dalam membaca. Kita akan memngetahui hal-hal  penting apa  saja yang harus kita perhatikan dalam teks yang kita baca. Kita bisa meninggalkan teks yang menurut kita tidak penting sehingga kita bisa menghemat waktu dalam membaca. Dengan kata lain, jikalau kita mengetahui apa tujuan kita membaca, isu apa yang ingin kita peroleh maka kita akan bisa menentukan bacaan yang cocok untuk kita baca sesuai dengan tujuan kita tersebut.
3. Membuat catatan
Pada dikala kita membaca, jangan lupa membuat catatan atau menandai hamalan-halaman penting dan juga kalimat-kalimat yang menurut kita penting
4. Post-reading review
Setelah simpulan membaca, apakah tujuan yang kita tentukan tercapai? Apakah isu yang kita cari sudah kita dapatkan? Apabila kita tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti kita harus membaca ulang bacaan kita. Lihat kembali catatan-catatan yang kita buat dan juga halaman-halaman dan kalimat-kalimat penting yang telah kita tandai. Apabila kita tetap belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kita harus mencari sumber bacaan lain hingga  kita menemukan isu yang kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *