Cara Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria

Tips Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria

Kesehatan sperma pria ditentukan dengan kuantitas, kualitas, dan gerakan sel-sel untuk bisa membuahi sel telur. Seorang pria disebut subur apabila dikala ejakulasi mengeluarkan semen yang mengandung lebih dari 15.000.000 sperma dalam satu mililiter. Adapun bentuk fisik sperma yang berkualitas, yakni memiliki kepala oval dan ekor panjang yang bergerak cepat ke depan. Semakin banyak sperma yang mempunyai bentuk normal tersebut, maka seorang pria semakin subur.

Agar dapat membuahi sel telur wanita sehingga terjadi kehamilan, sperma harus bergerak cepat menuju leher rahim, rahim, dan susukan telur. Dan seorang pria disebut subur apabila 40% sperma yang dihasilkan bergerak cepat. Adapun beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kesehatan sperma, yang berdasarkan pemeriksaan dikatakan tidak subur, yakni sebagai berikut:

  • Hindari pergaulan bebas yang sangat memungkinkan untuk menularkan abuh penyakit seksual, sehingga akan mensugesti kesuburan pria. Anda tentu harus setia kepada pasangan dan melaksanakan seks monogami dengan pasangan yang sehat.
  • Menerapkan contoh makan sehat, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung antioksidan, dapat meningkatkan kualitas sperma atau memperbaikinya.
  • Menjaga berat tubuh ideal, sebab banyak penelitian yang menemukan hasil bahwa pria yang mengalami obesitas tidak mempunyai kualitas sperma (jumlah dan gerakan) yang baik.
  • Menghindari stres sebab Stres dapat mengurangi fungsi seksual dan mengganggu hormon yang diharapkan untuk memproduksi sperma pria. 

Selain empat cara diatas, sebaiknya pasangan yang sedang melaksanakan aktivitas hamil rutin berolahraga. Dengan berolahraga maka stamina, dan stres dapat dihindari, sehingga produksi sperma bisa maksimal.

Ringkasan:

  • Pria subur akan menghasilkan 15.000.000 sperma dalam satu mililiter semen yang dikeluarkan dikala ejakulasi,
  • Kesuburan pria ditentukan jumlah, bentuk dan gerakan sperma,
  • Cara Meningkatkan Kesehatan Sperma Pria yakni dengan  menjaga contoh seks, contoh makan, olahraga dan berat tubuh yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *