Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah

Tips Menghitung Usia Kehamilan

Menghitung Usia Kehamilan bagi masyarakat awam dan mungkin anda bukanlah hal yang mudah. Namun setelah membaca artikel ini, dibutuhkan anda akan lebih mudah menghitung Usia Kehamilan. Banyak wanita menghitung usia kehamilan secara alami dengan menghitung kapan hari terakhir menstruasi. Namun ternyata akurasi penghitungan ini sangat kurang. Dan perlu anda ketahui, ada satu metode alami menghitung usia kehamilan, yang lebih akurat. Yaitu dengan metode kalender.

Penggunaan metode kalender untuk menghitung usia kehamilan didasarkan pada tanggal haid atau menstruasi ibu hamil yang terakhir. Untuk selanjutnya, dihitung dengan rumus Naegele. Yaitu  dengan menambahkan tanggal terakhir menstruasi dengan 7 dan mengurangkan bulan menstruasi dengan angka 3. Untuk selanjutnya tambahkan tahun dengan angka 1, maka akan di dapatkan Hari Perkiraan Lahir bayi anda. Memang cara menghitung usia kehamilan ini cukup sulit dan mempunyai tingkat akurasi yang kecil. Sehingga perlu dilakukan Perhitungan Usia Kehamilan dengan cara medis, yang tentu mempunyai tingkat akurasi tinggi.

Menghitung Usia Kehamilan dengan Metode Medis

Apabila anda telah melaksanakan testpack dan didapatkan hasil bahwa anda hamil, maka anda mampu melaksanakan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan, untuk mengetahui secara pasti usia kehamilan anda. Dokter  bisa akan menggunakan rumus perhitungan usia kehamilan yang bermacam-macam. Salah satunya yakni menggunakan metode fundus uteri (puncak rahim), atau dengan meraba bab fundus.

Cara lain yang lebih mudah dan akurat  adalah dengan menggunakan ultrasonografi USG. Dengan metode USG, Usia Kehamilan dapat diketahui secara lebih tepat, dengan tingkat akurasi mencapai 95%. Selain untuk mengetahui usia kehamilan, cara ini juga digunakan untuk melihat kondisi kehamilan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Saat ini USG juga telah lebih canggih, alasannya yakni dapat melihat gambar 3 dimensi janin dalam kandungan. Semakin besar usia kehamilan,maka akan semakin terang gambar janin dalam USG.

Ringkasan:

  • Menghitung Usia Kehamilan dengan cara alami, yaitu perhitungan siklus menstruasi mempunyai tingkat akurasi yang rendah,
  • Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah dan tingkat akurasi tinggi yakni dengan metode USG yang

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *