Cara Menghindari Diam/Silence Dalam English Conversation

Ketika kita sedang terlibat dalam sebuah English Conversation, terkadang kita kehabisan ide, tidak mengetahui ingin ngomong apa lagi, atau tidak mengerti atas apa yang lawan bicara kita sampaikan. Agar conversation yang kita lakukan tetap berlangsung dengan baik dan nyaman, tentu kita tidak boleh membisu saja ketika kita mengalami hal-hal tersebut. Bila kita hanya membisu saja/silence, bisa-bisa lawan bicara kita jadi malas untuk melanjutkan percakapannya. Jika sudah begini kita juga yang rugi.
Berikut ini beberapa cara untuk menghindari diam/silence dalam English conversation:

Ketika kita tidak mengerti yang lawan bicara kita katakan,  kita mampu menggunakan kata-kata di bawah ini:
“Sorry, I don’t understand.”
“Sorry, could you repeat that?”
“Sorry? I didn’t get that.”
Dalam sebuat English conversation, kita tidak harus mengalah dengan membisu saja ketika kita galau ingin berbicara apa lagi. Jangan hanya diam, tetapi berpikirlah dan usahakan mencari wangsit baru. Pada ketika anda berpikir wacana apa yang anda katakana, anda mampu menggunakan lisan di bawah ini:
“Well…”
“OK…”
“So…”
“Hmmm…”
“Uh-huh”
“Umm…”
Ketika lawan bicara kita mengatakan sesuatu dan kita oke dengan apa yang ia katakan, akan tetapi kita tidak mengetahui kalimat-kalimat apa yang akan kita katakan  untuk menerangkan bahwa kita setuju, kita mampu menggunakan kata-kata singkat di bawah ini:
“Yeah.”
“Right.”
Terkadang kita merasa bosan dengan topic pembicaraan yang telah kita lakukan, dan kita ingin merubahnya dengan membicarakan topic yang lain. Anda mampu memulainya dengan kata-kata ini:
“Anyway,…”
“Well, as I was saying…”
“So, back to …”
“So, we were saying …”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *