Cara Menghilangkan Rasa Khawatir/Takut Akan Masa Depan

Baik cepat maupun lambat masa depan pasti akan datang menghampiri kita.  Kecuali bila memang umur kita tidak panjang sehingga tidak dapat bertemu dengan masa depan.  Sebagian yang beruntung akan memiliki anggapan kasatmata terhadap masa depannya.  Sedangkan sebagian orang merasa terganggu alasannya ialah selalu memiliki pikiran yang negatif ihwal dirinya di masa depan.  Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut tentu mampu menimbulkan hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan mental maupun fisik seseorang.

Beberapa Tips / Cara Mengatasi Rasa Takut dan Rasa Khawatir Pada Masa Depan Kita :
1. Berpikir Positif
Untuk menghilangkan rasa kekhawatiran kita akan masa depan, kita harus berpikir positif.  Hilangkan aneka macam prasangka buruk terhadap diri kita sendiri di masa yang akan datang.  Percayalah bahwa diri kita akan menjadi orang yang lebih baik di masa depan sesuai dengan impian kita bila kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan disertai dengan doa.
2. Mulai Mencari Solusi
Apa yang kita takutkan mungkin bahu-membahu ialah sesuatu yang mampu diatasi dengan mudah.  Kita mampu mencari jalan keluar dari apa-apa yang kita takutkan dengan bertanya kepada ahlinya.  Bisa juga melaksanakan konsultasi pada pembimbing konseling, psikolog, hebat agama, orang yang bijaksana, dan lain sebagainya.  Dengan adanya solusi atas apa yang dikhawatirkan selama ini mudah-mudahan mampu membebaskan diri kita dari pikiran-pikiran yang negatif.

3. Mendekatkan Diri dengan Orang-Orang Baik

Selain mendekatkan diri kita kepada Tuhan SWT kita juga sebaiknya mulai mendekatkan diri dengan orang-orang yang benar alias baik.  Tinggalkan teman-teman kita yang selama ini mengajak kita ke jalan yang sesat sehingga menimbulkan banyak waktu kita yang terbuang percuma dengan mereka.  Jika orang di sekeliling kita ialah orang-orang yang selalu berpikiran kasatmata dan berkelakuan sangat baik, tentu hal tersebut mampu saja berimbas pada anutan kita.

4. Berubah Menjadi Lebih Baik

Langkah yang paling penting ialah bagaimana caranya biar diri kita menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.  Tentunya kita harus mengetahui apa-apa saja yang tidak baik dari diri kita dan sesegera mungkin mengubahnya ke arah yang lebih baik.  Lakukan instrospeksi diri, dan ubah sikap perilaku yang jelek-jelek menjadi baik.  Jika merasa aib kita mampu pindah ke daerah gres di mana tidak ada orang yang kenal dengan diri kita di masa lalu.

Selama mencoba, dan semoga berhasil mengatasi rasa takut kita akan masa depan yang belum pasti.