Cara Menghilangkan Rasa Kantuk di Kelas

Siapa yang tidak pernah merasa ngantuk? Rasanya tidak mungkin ada yang mau tunjuk tangan jikalau dilontarkan pertanyaan ini dan mengatakan bahwa ia tidak pernah mengatuk. Mengantuk ialah hal yang lumrah dalam hidup kita. Akan tetapi rasa kantuk itu mampu menjadi duduk perkara besar jikalau rasa kantuk itu datang bukan pada waktu yang tepat. Misalnya pada ketika kita berguru di kelas dan rasa kantuk itu datang. Belajar jadi tidak fokus. Disamping itu  konsentrasi berguru kita menjadi buyar.
Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara supaya kita tidak mengantuk di kelas. Sebenarya mengantuk di kelas itu bukan hanya di sebabkan oleh murid itu sendiri. Bisa jadi disebabkan

oleh guru yang sangat membosankan. Misalnya dengan metode mengajar yang itu-itu saja sehingga membuat murid merasa bosan dan kesannya mengantuk di kelas. Jika kita mau protes ke pada sang guru soal cara mengajarnya yang membuat kita mengantuk, itu indah sekali. Akan tetapi jarang sekali ada murid yang berani. Paling mereka hanya menggerutu di belakang. Jika sudah begini, sang murid akan menjadi pusing sendiri dan bisa-bisa jadi malas belajar.
Sekarang saya akan menawarkan beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh para murid di kelas  agar kita tetap terjaga atau tidak mengantuk pada ketika kita sedang berguru di kelas.
1. Membuat catatan
Pada ketika kita berhadapan dengan guru yang membosankan, misalnya sang guru  hanya mengajar dengan melaksanakan metode ceramah terus menerus tanpa melibatkan para siswa untuk berpartisipasi atau aktif di kelas. Solusi yang menurut saya baik sekali untuk dilakukan oleh sang murid supaya tidak merasa mengantuk atau bosan di kelas yaitu dengan membuat catatan. Ambil buku tulis, dengarkan penjelasan sang guru perihal mata pelajaran yang sedang ia jelaskan, kemudian catatlah hal-hal yang menurut kau penting. Dengan ini saya yakin kau tidak akan mengantuk. Malahan jikalau kau bersedia membuat catatan yang berisikan rangkuman poin-poin penting dari penjelasan sang guru,  kamu akan  memperoleh resapan ilmu yang baik.
2. Berpartisipasilah di kelas
Jika berada di dalam kelas, jangan hanya membisu saja dan menjadi pendengar sejati. Jangan sungkan-sungkan untuk mengangkat tangan dan bilang “maaf pak/ibu, ada yang ingin saya tanyaka.” Jika si guru bertanya, jangan malu-malu untuk menjawab.
3. Jangan terlalu banyak meminum minuman atau makan makanan yang manis
Jika kita minum minuman yang manis dan makan makanan yang manis terlalu banyak akan membuat gula darah kita meningkat dan akan membuat kita lebih mudah untuk merasa lemas dan capek. Coba perhatikan jikalau setelah waktu istirahat, kita pergi kekantin dan makan minum yang banyak. Kemudian kita kembali kekelas untuk belajar, biasanya bawaanya ngantuk. Hal ini dikarenakan asupan makan yang kita makan tersebut terlalu banyak dan dengan kadar gula yang tinggi.
4. Jangan begadang malam harinya.
Hal yang penting diperhatikan ialah apa yang kita lakukan pada malam harinya. Jangan begadang jikalau tidak ingin  mengantuk di sekolah.
5. Jika teman-teman merasa mengantuk di kelas, gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa agak hangat. Kemudian tempelkan ke mata. Dengan ini mata akan terasa hangat dan mudah-mudahan ngantuknya jadi hilang.
6. Tips yang satu ini tergolong simple, konyol dan lucu. Jika teman-teman mengantuk di kelas, lihat sekeliling kelas dan cari sapa tau ada sahabat lain yang juga ngantuk. Kamu lihatin dia, saya yakin kau akan senyum-senyum dan gak jadi mengantuk. Hahaha.
7. Ada yang bilang makan permen sambil belajar. Waduh…sebenarnya cara ini jitu sekali. Akan tetapi jikalau ketauan sama guru atau dosen, habis… kita. Makara boleh makan permen tapi jangan hingga ketauan dan dengan catatan pikiran, mata dan telinga tetap ke pelajaran.
8. Jika rasa kantuk itu sudah tidak mampu ditahan lagi, saya sarankan permisi keluar sebentar. Tapi ingat, jangan permisi pergi kemusholla atau ke kantin dan tidur. Melainkan cara air dan basuh muka kalian.
9. Beruntung yang punya pacar satu kelas. Hehehe biasanya gak akan pernah ngantuk di kelas. Tetapi biasanya gak konsen belajar. Yang ada… selalu  ingin  melihat kearah  kecengannya. Hahahaha. Makara cara ini lebih baik gak usah di lakukan. (Gak boleh dilakukan tapi kok di masukin ya…nomor 9 pula hehehe)
10. Sering-sering olah raga. Jika ada waktu luang pada sore hari, pergilah berolah raga. Misalnya meraton atau naik sepeda.
Semoga dengan tips di atas, kita semua tidak ngantuk lagi di kelas. Jika rasa kantuk itu disebabkan oleh guru dan sudah melaksanakan banyak sekali cara tetapi tetap saja mengantuk. Solusinya ialah temui kepala sekolah dan minta diganti saja gurunya. Berani gak? Hehehe. Sekian dulu, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *