Cara Menggunakan Semua Operator Telepon di HP (Handphone/Ponsel)

Handphone yang beredar luas dikala ini pada umumnya memiliki satu atau dua kartu sim card operator saja.  Dalam keadaan tertentu mungkin mampu saja terjadi kerusakan jaringan pada operator telepon yang kita gunakan.  Dalam kondisi eror mau tidak mau akan memaksa kita untuk menggunakan layanan telepon dari operator lainnya biar mampu kembali berkomunikasi dengan lancar.

Setiap orang sebaiknya tidak bergantung pada satu operator telepon saja, pada smartphone atau handphone biasa yang digunakannya.  Hal ini penting untuk mengantisipasi gagalnya komunikasi penting akhir dari kegagalan jaringan telekomunikasi dari operator telepon yang digunakan.  Jika memiliki operator telpon cadangan, maka ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada operator yang biasa digunakan, maka kita mampu beralih ke operator lain tanpa harus bersusah-payah mencari dan membeli perdana baru.

Caranya cukup mudah, ialah cukup dengan menyimpan beberapa sim card dari operator selain dari operator yang kita gunakan.  Bisa berupa kartu simcard perdana maupun kartu simcard yang sudah diaktifkan.  Namun kita harus memastikan bahwa masa aktif kartu-kartu tersebut masih lama sehingga ketika digunakan di masa mendatang masih mampu diaktifkan dari digunakan untuk berkomunikasi.  Pastikan juga di dalam kartu masih terdapat pulsa yang cukup untuk melaksanakan komunikasi dengan orang lain.  Hindari menyimpan perdana atau menyimpan kartu sim card / uim card yang minim pulsa.  Jika perlu siapkan juga isyarat voucher pulsa banyak sekali operator yang masa aktifnya panjang untuk mengisi pulsa ketika diperlukan.  Periksa dan ganti secara terjadwal kartu-kartu dan isyarat pulsa yang telah kedaluwarsa.

Jika memiliki dana yang cukup, maka kita mampu menggunakan handphone yang dapat menjalankan operator telepon gsm dan cdma secara bersamaan (dual on).  Dengan begitu ketika jaringan gsm tumbang, maka operator cdma mampu digunakan.  Akan lebih baik lagi jikalau operator gsm dan operator cdma yang dipasang di handphone berasal dari dua perusahaan yang berbeda.  Dengan begitu maka operator yang dapat digunakan akan semakin banyak dan semakin bervariasi.  Walhasil, semua operator pun dapat dijalankan dengan baik di hp kita.