Cara Mengetahui Masa Subur Setelah Kuret

Kesehatan Wanita

Hamil, ialah satu masa yang paling ditunggu-tunggu bagi hampir kebanyakan wanita. Namun, apa risikonya kalau wanita hamil harus mengalami keguguran dan melaksanakan kuret? Tentu hal ini akan menjadi hal yang sangat menyedihkan bagi calon ibu. Sebab, konon wanita keguguran yang melaksanakan kuret ini akan mensugesti masa subur wanita. Bahkan lebih parahnya, kuret ini disinyalir akan menimbulkan sulitnya seorang ibu memiliki momongan.

Pasca kuret ini sering berdampak bagi kesehatan wanita, namun dampaknya tentu saja berbeda-beda. Sebagian wanita yang mengalami kuret ini sering mengalami gangguan datang bulan. Pada dasarnya, setelah tindakan kuret ini badan akan mengalami peningkatan hormon progesteron dan esterogen yang mampu membuat wanita mengalami siklus datang bulan menyerupai biasanya. Namun demikian, pemulihan kesuburan akan terjadi setidaknya dua ahad pasca kuretasi.

Namun, sebagian wanita pasca kuret ini tidak mengalami datang bulan. Sebagian lagi mengalami menstruasi yang tidak teratur. Perubahan ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari kondisi badan masing-masing. Nah, pada kondisi menyerupai ini, biasanya dokter akan melaksanakan pemeriksaan terhadap pasien. Bilamana dibutuhkan, untuk menerima masa subur setelah kuret, mereka akan diberikan suntikan hormon untuk memicu datang bulan terhadap pasien pasca kuretasi.

Menstruasi pasca kuret ini akan mensugesti kesuburan dari seorang wanita. Hal ini dikarenakan, siklus normal yang ideal untuk pembentukan sel telur ini akan terjadi antara 21 sampai 35 hari. Apabila siklus menstruasi normal, maka mampu dikatakan jadwal kehamilan mampu dilakukan kembali. Tentu hal ini berbanding terbalik dengan wanita yang mengalami ketidakteraturan menstruasi, atau bahkan yang tidak mengalami menstruasi sama sekali setelah operasi kuret.

Untuk melaksanakan jadwal kehamilan setelah masa kuret ini, wanita mampu mengandalkan siklus pertama setelah kuretasi. Hal ini dikarenakan sisa kehamilan telah bersih dan rahim telah siap untuk hamil kembali. Pada ketika inilah, Anda mampu melaksanakan perhitungan kembali sebagaimana menyerupai Anda sebelum hamil dahulu. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui masa subur wanita. Dalam kasus ini, biasanya dokter akan menyatakan kalau pengembalian fase subur akan dihitung semenjak terjadinya keguguran. Berpedoman dari situlah siklus fase subur mampu dihitung kembali untuk memulai jadwal kehamilan.

Nah, untuk mempersiapkan kembali masa subur kehamilan Anda, alangkah baiknya kalau Anda menyiapkan mental terlebih dahulu. Sebagai tips, berfikirlah positif serta hilangkan perasaan takut yang disebabkan oleh keguguran. Selalu konsultasikan ke dokter untuk merencanakan kehamilan dan semoga kondisi badan terjaga kesehatannya. Perbanyak makanan bergizi dan konsumsi makanan yang banyak mengandung folat. Dan terakhir, rilekskan badan serta usahakan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Ringkasan:

  • Kuretasi pasca kehamilan akan menimbulkan siklus menstruasi tidak taratur.
  • Untuk memulai jadwal hamil setelah kuret mampu dilakukan dengan perhitungan menstruasi pertama setelah kuret.
  • Tips memulai kehamilan pasca kuret mampu dilakukan dengan berfikir positif, cukup gizi dan istirahat cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *