Cara Mengatasi/Mengurangi Perdagangan Kucing (Jual Beli Kucing) di Dunia

Di dalam pedoman agama islam jual beli kucing yakni suatu perbuatan yang terlarang didasari atas hadist Nabi yang melarang hasil penjualan dari anjing dan kucing.  Namun kenyataannya dalam kehidupan kita sehari-hari kita banyak menemukan toko hewan maupun orang-perorangan yang menjual kucing untuk menerima keuntungan.  Berbagai kucing peliharaan yang rupawan bentuk fisiknya dijual dengan harga yang cukup mahal.  Tidak hanya kucing dewasa, belum dewasa kucing yang masih membutuhkan induknya pun juga tidak luput dari perdagangan binatang peliharaan.

Berdasarkan keadaan tersebut maka tidak banyak yang mampu kita lakukan selain mengingatkan orang-orang untuk tidak melaksanakan hal tersebut.  Sebaiknya kucing tidak dijadikan hewan peliharaan yang dimiliki oleh pihak-pihak tertentu.  Biarkan kucing hidup bebas di alam sekitar kita tanpa dikurung atau diikat supaya tidak mampu ke mana-mana.  Jadi setiap orang mampu bebas menyayangi dan memberi makan para kucing tanpa perlu takut dimarahi oleh pemiliknya.

Saat ini orang-orang enggan menyayangi dan memberi nafkah para kucing di sekitar kita alasannya rupa kucing lokal yang kurang menarik.  Berbeda halnya dengan kucing-kucing peliharaan yang berpenampilan super manarik menyerupai kucing anggora, kucing persia, kucing himalaya, kucing hutan, dan lain sebagainya.  Namun ada juga orang yang mencintai kucing-kucing lokal apa adanya walaupun dengan banyak sekali kelebihan dan kekurangannya.

Yang mampu kita lakukan dikala ini untuk menghentikan jual beli kucing yakni dengan memperbaiki penampilan kucing lokal di sekitar kita supaya tidak kalah menarik dari kucing-kucing blasteran dan impor.  Cara yang paling mudah yakni mengembangkan kucing-kucing yang berpenampilan lucu dan menarik dalam jumlah besar ke alam liar.  Biarkan mereka melaksanakan perkawinan silang dengan kucing-kucing lokal.  Lama-kelamaan nantinya akan muncul generasi-generasi kucing lokal yang membawa genetika kucing luar negeri dengan penampilan yang menarik.  Dengan begitu nantinya orang-orang tadinya tidak tertarik dan membenci kucing lokal menjadi sayang terhadap kucing-kucing liar yang ada di sekitar mereka.  Jika kucing-kucing liar yang ada di jalanan sudah sangat menarik, maka orang-orang akan kehilangan minatnya untuk membeli kucing.  Begitulah kira-kira cara yang paling baik untuk mengurangi perdagangan kucing di indonesia maupun di seluruh dunia.