Cara Mengatasi/Memperbaiki Shower Semprotan Air yang Mampet/Macet

Sebagian rumah yang ada di indonesia dan juga di seluruh dunia mempunyai penyemprot air di wc dan di halaman rumah.  Terkadang penyemprot air ibarat semprotan air dan shower kamar mandi mengalami dilema kemampetan yang parah sehingga air yang keluar dari alat tersebut sangat lemah dan sedikit sekali.  Jika anda memiliki dilema pada semprotan air dan shower mampet yang ada di rumah anda maka jangan buru-buru untuk mengganti penyemprot air dengan yang gres karena mungkin masih mampu diperbaiki dengan cara-cara yang sederhana.

Kandungan air di setiap kawasan di dunia ini memiliki kandungan mineral dan zat kimia yang berbeda-beda.  Air yang didapat dari alam ibarat air tanah, air mata air, air sungai, air danau, dan lain sebagainya pada umumnya mempunyai kandungan mineral dan zat kimia yang beragam dibandingkan dengan air olahan perusahaan milik insan yang memang dikhususkan untuk air minum dan aneka macam kebutuhan hidup lainnya.  Bahkan sebagian air alam tidak dapat dikonsumsi insan karena kandungan zat-zat tertentu yang terlalu berlebihan sehingga jikalau dipaksakan dikonsumsi oleh insan dapat menimbulkan dilema kesehatan tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Pada air tertentu dapat membuat semprotan air dan shower di rumah kita kian hari kian mampet karena memiliki kandungan materi kimia tertentu yang dapat menghasilkan kerak dalam jangka waktu tertentu.  Makin lama kerak yang tertimbun akan semakin tebal sehingga lama kelamaan semprotan air dan semprotan shower akan mampet atau macet karena lubang-lubang yang seharusnya tidak boleh tertutup menjadi tertutup oleh timbunan materi kimia yang tebal.  Bisa jadi kemampetan disebabkan oleh timbunan kotoran atau pasir yang berukuran cukup besar sehingga tidak dapat dikeluarkan melalui lubang semprotan air dan shower.

Untuk mengatasi penyemprot air yang mampet caranya tidak terlalu sulit.  Cukup kita buka shower maupun semprotan air yang kita miliki untuk dibersihkan dari segala kotoran yang menumpuk.  Untuk episode lubang yang mampet karena timbunan zat kimia mampu kita lancarkan lagi dengan menggunakan jarum.  Gunakan jarum besi berukuran kecil yang biasa dipakai untuk menjahit yakni jarum jahit dan jarum pentul.  Jika tidak ada jarum pentul dan jarum jahit mampu menggunakan jarum yang ada pada bros name tag, papan nama, dan lain sebagainya.  Tusuk-tusukkan jarum ke lubang yang macet tadi sehingga lubangnya terbuka kembali.  Anda pun mampu memakai amplas untuk membersihkan timbunan kerak pada ujung shower atau semprotan air semoga mampu bersih kembali.  Selamat mencoba memperbaiki penyemprot air anda dan semoga berhasil, terima kasih.