Cara Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar pada Kulit Perut

Tips Mengatasi Gatal Pasca Operasi Caesar

Operasi Caesar ialah proses melahirkan janin dengan sayatan di dinding rahim dan perut, sehingga perlu perhatian khusus untuk penyembuhan setelah operasi. Beberapa cara  untuk memulihkan kondisi kebugaran. Pertama kali dilakukan setelah operasi caesar ialah menjalani perawatan dengan tujuan untuk memulihkan kebugaran setelah operasi. Adapun perawatan yang paling utama tentu ialah acara rawat inap sekitar 5 hari setelah operasi.

Beberapa kasus wanita setelah operasi caesar juga mengalami penundaan makan dikarenakan usus belum berfungsi. Sedangkan keluhan lain, yang juga sering terjadi ialah rasa gatal di sekitar luka bekas operasi caesar. Rasa gatal pada sekitar bekas luka operasi caesar dikarenakan pada ketika proses operasi dilakukan pemotongan saraf-saraf, dan ketika mulai terhubung kembali maka dapat menjadikan rasa gatal.

Cara Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar

Adapun cara yang mampu anda lakukan untuk mengatasi gatal pasca operasi caesar pada kulit perut ialah sebagai berikut:

  • Meski rasa gatal memang sangat mengganggu, namun jangan menggosok di area luka, dan sebaiknya anda hanya mengelus secara perlahan saja. Rasa gatal ini juga sebagai tanda bahwa luka bekas operasi caesar mulai sembuh.
  • Gunakan sabun Mild dari sabun yang biasa anda gunakan untuk mandi. Dengan mengoleskan sabut tersebut, dapat menunjukkan kelembapan pada kulit dan mengurangi rasa gatal di area luka setelah operasi caesar. Biasanya dokter juga akan menunjukkan salep yang mampu dioleskan secara rutin terutama setelah mandi, untuk mengurangi rasa gatal tersebut.
  • Melakukan kegiatan ringan ibarat senam nifas, atau latihan relaksasi khusus ibu setelah melahirkan dapat mengurangi rasa gatal pada bekas operasi caesar. Hal ini dikarenakan dapat mempercepat pedoman darah dan membuat badan kembali bugar.
  • Apabila dalam waktu lebih dari enam bulan, rasa gatal masih dirasakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama dan dilakukan tindakan penanganan khusus sesuai petunjuk dokter.

Ringkasan:

  • Operasi Caesar menyisakan bekas luka sayatan yang biasanya akan menjadikan rasa gatal pada kulit perut terutama sekitar luka,
  • Mengatasi Gatal Setelah Operasi Caesar mampu dengan mengoleskan sabun atau krem yang diberikan dokter, dan hindari untuk menggaruknya,
  • Apabila rasa gatal pada sekitar luka operasi caesar tetap dirasakan setelah 6 bulan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *