Cara Mengamankan Lingkungan Sekitar Rumah / Tempat Tinggal (Keamanan)

Keamanan ialah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan masyarakat.  Tanpa keamanan yang baik, maka warga masyarakat tidak akan dapat hidup dengan hening dan nyaman.  Oleh alasannya ialah itu dibutuhkan adanya upaya-upaya yang serius dan terkoordinasikan dengan baik terkait dengan dilema keamanan lingkungan.  Selain itu, dukungan, peran serta dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat pun juga dibutuhkan biar aktivitas keamanan yang telah ditetapkan nantinya bisa berjalan dengan baik.

Beberapa Tips / Cara Mengamankan Lingkungan Sekitar Rumah / Tempat Tinggal :

1. Mempekerjakan Tenaga Keamanan

Tenaga keamanan lingkungan menyerupai hansip dan satpam bisa dipekerjakan oleh sekumpulan warga masyarakat pada suatu lingkungan.  Setiap warga dipungut iuran keamanan, baik diadaptasi dengan tingkat kemampuan ekonomi maupun secara adil merata.  Rekrut tenaga keamanan yang masih muda dan memiliki keterampilan pengamanan yang baik.  Bagi tenaga keamanan yang ada pada dua atau tiga shift waktu kerja.  Dengan adanya petugas keamanan maka lingkungan rumah atau tempat tinggal bisa menjadi lebih aman dari gangguan para pelaku tindak kriminal.

2. Memasang Kamera CCTV

Pasang banyak kamera CCTV yang tersambung ke pos penjagaan tenaga keamanan yang terus dipantau terus.  Selain di pos keamanan lingkungan, juga bisa dipasang di setiap rumah warga sehingga kondisi lingkungan selalu dapat dipantau oleh seluruh warga masyarakat sekitar.  Ketika terjadi apa-apa maka warga yang melihat lewat tv pemantau bisa eksklusif menghubungi petugas keamanan yang bertugas untuk segera dilakukan penindakan tegas.

3. Memasang Tulisan Ancaman

Buat dan pasang goresan pena “Daerah Ini Telah Dilengkapi Dengan Kamera Pengamanan CCTV.  Segala Bentuk Tindak Kriminal Akan Dilaporkan Kepada Pihak Yang Berwajib / Polisi.”.  Jika hal tersebut dilakukan maka orang yang berniat akan melaksanakan tindakan kriminalitas di lingkungan tempat tinggal kita akan mengurungkan niatnya setelah membaca goresan pena tersebut.

4. Melakukan Evaluasi Keamanan Oleh Seluruh Warga

Koordinator keamanan lingkungan menyerupai ketua RT, ketua RW dan lain sebagainya melaksanakan koordinai yang berkesinambungan bersama warga untuk membahas segala permasalahan yang ada.  Selain itu harus ada upaya peningkatan keamanan lingkungan secara terus menerus biar terjadi peningkatan tingkat keamanan lingkungan dari waktu ke waktu.

Jika keempat hal tersebut dilakukan dengan baik maka kondisi keamanan lingkungan suatu wilayah akan meningkat.  Syukur-syukur tidak akan ada lagi orang dalam maupun orang luar yang berani untuk melaksanakan tindak kejahatan di kawasan yang terpantau kamera cctv yang selalu direkam selama 24 jam penuh.  Jika kondisi keamanan lingkungan sudah maksimal, maka kenyamanan dan kesejahteraan warga pun akan meningkat secara maksimal.