Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton, Rumus Kimia, Atom

Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton, Rumus Kimia, Atom – Mungkin Anda pernah mendengar wacana isotop radioaktif di media massa. Tahukah Anda arti dari isotop tersebut? Suatu unsur mampu saja memiliki lebih dari satu atom. Perbedaan antara atom-atom yang menyusun unsur ini terletak pada nomor massanya. Atom-atom dari unsur yang sama yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki nomor massa yang berbeda disebut isotop. Misalnya, unsur hidrogen memiliki 3 buah isotop. Ketiga isotop tersebut memiliki nomor massa yang berbeda, yaitu 1, 2, dan 3. Isotop hidrogen yang bernomor massa 1 disebut hidrogen, isotop hidrogen yang bernomor massa 2 disebut deuterium, sedangkan isotop hidrogen yang bernomor massa 3 disebut tritium.
Nomor massa atom dari suatu unsur dapat saja sama dengan atom dari unsur yang lain. Pasangan atom menyerupai ini disebut isobar. Adapun istilah untuk atom-atom dari unsur yang berbeda, tetapi memiliki jumlah neutron yang sama yaitu isoton. Berdasarkan penjelasan tersebut, isotop, isoton, dan isobar dapat ditentukan dengan cara menentukan terlebih dahulu nomor atom, nomor massa, dan jumlah neutron masing-masing atom.
Contoh Soal 1 :
Manakah di antara atom-atom berikut yang termasuk isotop, isoton, dan isobar?
a. C (nomor atom = 6, nomor massa = 12)
b. C (nomor atom = 6, nomor massa = 13)
c. C (nomor atom = 6, nomor massa = 14)
d. O (nomor atom = 8, nomor massa = 16)
e. O (nomor atom = 8, nomor massa = 18)
f. N (nomor atom = 7, nomor massa = 14)
Kunci Jawaban :
Untuk mengetahui isotop, isoton, dan isobar, terlebih dahulu harus ditentukan jumlah masing-masing proton, elektron, dan neutron.
Untuk memudahkannya, tanggapan ditulis menyerupai tabel berikut.
Isotop: 
126C , 136C , dan 146C

168O dan 188O

Isobar: 
146C dan 147N
Isoton: 
147N dan 136C

168O dan 146C

Berdasarkan Contoh Soal 1, isotop adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki nomor atom yang sama, tetapi nomor massanya berbeda. Isobar adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki nomor atom yang berbeda, tetapi nomor massanya sama. Isoton adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki jumlah neutron yang sama.
Isotop: 
126C, 136C , dan 146C

168O dan 188O

Isobar: 
146C dan 147N
Isoton: 
136C dan 147N

146C dan 168O

Catatan Kimia :
Karbon-14
 Mungkin Anda pernah mendengar wacana isotop radioaktif di media massa Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton, Rumus Kimia, Atom
1. Pembentukan Karbon-14
2. Peluruhan Karbon-14
3. Persamaan dengan tanda “sama dengan” yaitu untuk organisme hidup, sedangkan tanda “lebih besar” yaitu untuk organisme mati, dimana karbon-14 kemudian mengalami peluruhan menyerupai gambar 2. [1]
Karbon-14 memiliki dua neutron pelengkap sehingga nomor massanya 14. Isotop ini bersifat radioaktif, 50 %-nya meluruh setiap 5.730 tahun. Kadarnya di lingkungan secara umum konstan alasannya yaitu atom karbon-14 yang gres selalu dibentuk oleh sinar kosmik yang menghantam atom-atom karbon biasa. (Sumber: Jendela Iptek: Materi,1997)
Anda sekarang sudah mengetahui Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Referensi :
Rahayu, I. 2009. Praktis Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.
Referensi Lainnya :


Sumber http://www.nafiun.com/