Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Soleh Berakhlak Islami (Islam)

Anak yang shalih dan menuruti orang renta ialah anugerah tersendiri yang tidak terbayarkan dan tidak dapat dinilai dengan apa pun juga di dunia ini.  Melalui tauladan Nabi dan Rasul anda bisa mengajarkan iman dan akidah untuk anak anda.  Dalam pertumbuhannya nanti menjelang dewasa, bawah umur akan memiliki bekal keimanan dan ketakwaan serta keihsanan yang sangat kuat.  Diharapkan bawah umur kita pun nantinya bisa menghadapi cobaan dan siksaan duniawi. Untuk dapat mendidik anak dalam islam, maka ada kiat-kiat yang harus anda lakukan ibarat di bawah ini.
Tips Cara Mendidik Anak Agar Manjadi Anak yang Sholeh dan Berakhlak Mulia Islami :
1. Pilih Pasangan Anda Dengan Tepat (Suami / Isteri)

Jika anda sudah serius dengan suatu kekerabatan apalagi ke jenjang pernikahan, anda wajib untuk mencari istri yang sholehah yang dapat mengajarkan anak nantinya sesuai dengan perintah Yang Mahakuasa SWT. Anda bisa memohon petunjuk dan melaksanakan shalat istikharah supaya dipertemukan dengan jodoh sesuai bimbingan Allat SWT. Istri nantinya yang akan mengurus keperluan anak dari pengelolaan keuangan hingga dalam pendidikan. Dengan istri yang sholehah dapat membuat anak anda menjadi anak yang teladan dalam ilmu agama.
Ada pepatah mengatakan bahwa budpekerti anak merupakan cerminan dari ibunya, itulah kenapa anda harus mencari istri yang yang bertaqwa kepada Yang Mahakuasa SWT.  Sebaliknya bagi yang wanita / perempuan tentu hendaknya mencari suami yang sholeh.  Jika tidak bisa menerima yang sholeh atau sholehah maka carilah yang calon pendamping hidup yang baik, bertanggung jawab dan memiliki potensi yang besar untuk menjadi hamba Yang Mahakuasa SWT yang beriman dan bertakwa.  Jika tidak menikah dengan orang sholeh atau sholehah maka anda menerima kewajiban aksesori untuk mengajak serta mengajarkan isteri atau suami ke jalan yang benar.
2. Mohon Bimbingan Yang Mahakuasa SWT

Anda bisa memohon kepada Yang Mahakuasa SWT supaya dikaruniai seorang anak yang shalih. Anak tersebut merupakan impian dari orang renta supaya menjadi langsung yang bertaqwa dan tidak meninggalkan Yang Mahakuasa SWT. Anak yang shalih juga akan menambah rizki tersendiri untuk keluarga.  Setelah anda meninggal dunia pun kita masih bisa menerima kebaikan dari anak soleh berupa doa keselamatan bagi orangtua yang berada di alam barzah atau alam kubur.  Dengan meminta bimbingan Yang Mahakuasa SWT maka diperlukan anda bisa mengahadapi banyak sekali halangan rintangan yang menghadang di ketika anda mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.
3. Mengajarkan Iman dan Akidah

Anda dapat menanamkan dan mengajarkan iman dan akidah bagi anak untuk bekal tumbuh remaja nantinya. Iman dan akidah ini yang akan membimbing anak dalam menghadapi percobaan dan problem yang duniawi yang sering dijumpai. Sebagai orang renta anda harus menanamkan sifat-sifat dan tauladan ibarat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
4. Memberikan Pelajaran Tentang Agama

Dalam masa pertumbuhannya anda wajib untuk mengajarkan perihal ilmu agama. Ilmu ini yang akan menjadi bekal dan pahala berjalan anda. Sehingga ketika anak mulai bisa bangkit sendiri mempunyai kemantapan dan iman yang sangat kuat. Anda bisa mengajarinya membaca ayat Alquran dan mengaji. Cara tersebut untuk mendidik anak dalam islam.  Jika anda tidak bisa mengajarkan anak perihal agama, maka anda bisa memasukkan anak ke sekolah islami atau pesantren supaya pengetahuan anak bisa luas seluas-luasnya perihal pemikiran agama Islam.  Tentunya harus atas kesediaan anak anda tanpa ada paksaan sedikit pun.
5. Memberikan Contoh atau Teladan yang Baik
Jika anda tidak memperlihatkan pola yang baik bagi anak anda, tentu sang anak bisa galau karena pemikiran dan perilaku anda tidak sesuai.  Jika anak dituntut untuk beribadah yang baik dan benar, maka anda pun juga harus mempraktekkan ibadah secara baik dan benar.  Anak-anak yang masih kecil pada umumnya senang mencontoh perbuatan orangtua dan orang-orang terdekatnya.  Itulah mengapa anda harus berupaya sekuat tenaga untuk menjadi suri teladan yang baik bagi bawah umur anda sekaligus kepada orang-orang terdekat anda.
Itulah beberapa cara yang bisa anda praktekkan kepada bawah umur anda supaya kelak menjadi anak yang baik dan sholeh yang berlandaskan atas iman dan takwa kepada Yang Mahakuasa SWT.  Semoga kita semua diberikan anak yang sholeh sholehah sesuai dengan yang kita harapkan.  Namun jikalau yang anda dapatkan ialah anak yang menjadi musuh anda maka jangan kaget, karena hal tersebut ialah hal yang wajar di mana akan ada bawah umur anda yang menjadi musuh diri anda sendiri.  Jika anak menjadi musuh maka jadikanlah itu sebagai ujian Yang Mahakuasa SWT untuk anda.  Anak yang soleh dan solehah ialah anak yang sangat berharga, oleh alasannya ialah itu marilah kita perbanyak jumlah anak sholeh sholehah kita supaya menerima banyak kebaikan di dunia maupun di akhirat.  Terima kasih.

Baca Juga:  Kisah Nyata: Terkena Razia, Isi Tas Siswi SMA Ini Membuat Semua Gurunya Menangis

+baiiput