Cara Mendapatkan Air Bersih Ketika Kekeringan Musim Kemarau Panjang

Air bersih merupakan kebutuhan pokok setiap insan untuk dapat bertahan hidup dan menjalankan banyak sekali kegiatan hidupnya sehari-hari.  Tanpa adanya air bersih insan akan merasa kesulitan untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan hidup.  Manusia ialah makhluk hidup yang sebagian besar tubuhnya terdiri atas air.  Manusia juga membutuhkan asupan air dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya dalam bentuk makanan dan minuman.

Dalam kehidupan, tidak selamanya air tersedia di alam bebas yang dapat dengan mudah didapat oleh manusia.  Terkadang untuk menerima air bersih membutuhkan upaya yang tidak mudah.  Walaupun air ialah sumber daya alam yang terbatas jumlahnya, sebagian insan menggunakan air bersih secara boros.  Bukan itu saja, sebagian insan pun gemar mengotori air bersih dalam jumlah besar sehingga tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar insan beserta makhluk hidup lain di sekelilingnya.

Biasanya dalam situasi trend kemarau panjang, insan mulai merasa kesulitan untuk menerima air bersih dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Berbagai cara dilakukan insan untuk menerima air bersih mulai dari membeli air bersih sampai berjalan kaki beberapa kilometer hanya untuk menerima satu atau dua derigen air bersih.  Ada banyak sekali cara umum yang biasanya dilakukan insan untuk menerima air dapat kita lihat sebagai berikut di bawah ini.

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Manusia Untuk Mendapatkan Suplai Air Bersih :

1. Membeli air bersih dari pedagang air
2. Memperdalam sumur air bawah tanah yang ada
3. Minta air ke tetangga, teman, anggota keluarga, dll
4. Menampung air hujan
5. Berjalan kaki membawa alat penampung air ke sumber air bersih
6. Membuat sumur air baru
7. Menggunakan filter air pada air kotor
8. Desalinasi air laut
9. Mengumpulkan embun di pagi hari
10. Menguapkan dan mengembunkan air kotor / air laut
11. Destilasi air kotor / air laut
12. Menampung air cucuran AC (Air Conditioner)
13. Membuat kanal air gres dari sumber air bersih
14. Mencampur air kotor dengan materi tertentu untuk menghasilkan air bersih
15. Mencuri atau merampas air bersih dari orang lain (Cara yang tercela)

Pada ketika air melimpah, gunakanlah air secukupnya.  Hindari pemborosan air dan kegiatan lainnya yang dapat merusak cadangan air bersih di alam.  Syukurilah nikmat Allah kita yang berupa air bersih walaupun sedikit.  Semoga dalam kemarau panjang yang akan datang kita dapat melewatinya dengan baik tanpa suatu kesulitan apa pun terkait dengan suplai air bersih.  Kuang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.