Cara Mencegah Penularan Virus Ebola

Penularan Virus Ebola

Penularan Virus Ebola yang sangat cepat dan dampaknya yang sangat mematikan, membuat banyak orang ketakutan mengenai virus ini. Sejak merebak kembali pada bulan Maret 2014, virus ebola telah membunuh lebih dari 1.500 orang dan penularannya telah meliputi Liberia, Sierra Leone, hingga Nigeria. Berdasarkan kondisi tersebut, World Health Organization (WHO) pada 8 Agustus 2014 menetapkan wabah ini sebagai darurat kesehatan internasional.

Virus Ebola yang menyerang sistem peredaran darah insan dan dapat menular melalui kontak dengan penderita. Virus Ebola berkembang biak di badan hewan liar sebagai inang (Induk) pembawa virus ibarat kelelawar, monyet, simpanse, kijang, dan landak dan dapat menularkan ke insan melalui bangkai, kotoran bahkan cairan yang berasa dari hewan yang memang sudah terinfeksi tersebut. Sedangkan penularan pada insan dengan insan terjadi apabila ada kontak pribadi yang melibatkan pertukaran darah, keringat, cairan badan lain, atau bahkan Virus Ebola juga dapat menular melalui kontak dengan benda benda yang telah terkontaminasi.

Tingkat Kematian Pasien Ebola

Tingkat simpulan hayat akhir virus Ebola mencapai 90% atau sekitar 9 dari 10 korban yang terinfeksi virus ebola. Kenyataan ini tentu menakutkan, dan lebih parah lagi hingga dikala ini vaksin atau obat untuk virus Ebola belum juga ditemukan.

Agar selamat dari ancama penyakit mematikan tersebut, tentu yang terbaik yaitu melaksanakan pencegahan. Adapun cara Cara Mencegah Penularan Virus Ebola , pencegahan dalah dengan tetap menjaga kebersihan tangan. Hal ini dikarenakan, tangan sangat berpotensi membawa basil dan virus, baik itu  setelah bersalaman atau menyentuh benda-benda di ruang publik.

Mencuci tangan semoga terhindar dari virus ebola sebaiknya menggunakan hand sanitizer yang mengandung materi aktif alkohol 60% dan Irgasan DP-300. Dengan kesehatan tangan dengan menjaganya tetap bersih, maka potensi penyebaran virus Ebola melalui kontak pribadi maupun tidak pribadi dapat kita dikurangi secara efektif.

Ringkasan:

  • Wabah Virus Ebola telah membunuh lebih dari 1500 orang hanya dalam waktu 6 bulan,
  • Penularan Virus Ebola mampu terjadi alasannya yaitu adanya kontak pribadi dengan orang atau hewan yang terinfeksi,
  • Mencegah Penularan Virus Ebola secara efektif mampu dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan tangan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here