Cara memperoleh English Fluency

Apakah skill terpenting dalam bahasa Inggris? Skill apa yang perlu kita perhatikan dan selalu kita usahakan untuk memperoleh bahasa Inggris yang baik?
Jawaban dari pertanyaan ini ialah FLUENCY atau kefasihan/kelancaran dalam berbicara.

Fluency ialah kefasihan kita dalam berbicara dan memahami bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Fluency tidak bisa didapat hanya dengan membaca English book, memahami English grammar, akan tetapi hal terpenting untuk meningkatkan fluency kita ialah listening.
Untuk memperoleh English Fluency kita harus sering mendengarkan bahasa Inggris secara terus menerus atau berulang-ulang. Untuk menjadi a good English speaker kita harus menggunakan kuping kita (our ears) dan bukan mata kita. Dengan kata lain kita harus mendengar.
Lalu listening yang bagaimanakah yang bisa dibilang baik. Listening yang baik ialah listening yang dilakukan berulang-ulang atau sering dan dapat dipahami (understandable and repetitive).
Makara ada dua aspek penting dalam listening yang perlu anda perhatikan untuk memperoleh English fluency, yaitu sering/berulang-ulang dan dapat dipahami. Percuma jikalau anda sering melakukannya akan tetapi anda tidak dapat memahami apa yang anda dengar. Kebanyakan English learner memilih bahan listening yang sulit dan membuat mereka sulit memahami apa yang mereka dengar. Efek negative dari hal ini ialah membuat proses berguru mereka menjadi lambat.
Carilah bahan listening yang sederhana dahulu dan mudah anda pahami dan ini merupakan proses anda belajar. Setelah anda dapat memahami apa yang anda dengarkan, hal ini tidaklah cukup, anda perlu mengulang mendengarkan bahan listening anda sesering mungkin. Jika anda mendengarkan sebuah kata gres dalam bahasa  Inggris hanya 1 kali, maka frekuensi lupa akan sangat tinggi. Makara untuk mengingat sebuah kata gres dalam bahasa Inggris anda harus sering-sering mengulang mendengarkannya  sesering mungkin misalnya sampai 30. Misalnya hari ini 2 kali, besok anda dengarkan lagi dan seterusnya.
Apabila anda sering mengulang listening anda maka anda  akan memperoleh kemampuan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan benar menyerupai yang sering anda dengarkan. Makara poin terpentingnya ialah cari bahan listening yang mudah dan dengarkan sesering mungkin. 
Dengan listening yang baik dan memiliki kemauan yang berpengaruh untuk selalu latihan berbicara bahasa Inggris, saya yakin anda akan bisa memperoleh English fluency yang baik. Hal ini sesuai pengalaman saya yang saya peroleh selama saya mengajarkan bahasa Inggris kepada bawah umur umur 4 sampai 5 tahun. Para murid saya bertemu  saya dan berguru mulai dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Pada dikala belajar, saya menggunakan 100% bahasa Inggris dan tidak menggunakan bahasa Indonesia sedikitpun dan tentu dibantu dengan media mengajar baik berupa gambar, multimedia yang berupa video dan audio yang ada. Karena mereka sering mendengar, maka  mereka bisa memahami apa yang saya katakan dan tentu mereka bisa mengucapkan kata-kata yang sering mereka dengar setiap hari dari lisan saya.  Mereka belum bisa menulis dan membaca dengan baik. Mereka tidak berguru English grammar menyerupai layaknya orang dewasa. Akan tetapi sebab mereka sering mendengarkan bahasa Inggris dari lisan saya, video dan multimedia lainnya, mereka bisa berbicara bahasa Inggris dan dapat memahami apa yang saya katakan. Jika mereka ingin berbicara bahasa Inggris dan ada kata yang tidak mereka ketahui, maka mencampur bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia dalam sebuah kalimat yang mereka ucapkan. Semoga artikel ini bermamfaat untuk kita semua. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *