Cara Memperbaiki Pelayanan Umum Pemerintah dengan Ilmu Calo

Pelayanan umum dari pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia memang kerap begitu menjengkelkan menurut opini sebagaian masyarakat yang berkepentingan.  Berbagai kekesalan, kejengkelan, kekecewaan, omongan miring, cacian, makian dan sumpah serapah mungkin sudah sering terucap dari orang-orang yang sudah pernah mengurus sesuatu di suatu kawasan pelayanan umum.

Sebenarnya untuk melaksanakan perubahan pelayanan umum pemerintah ke arah yang lebih baik itu tidaklah sulit untuk dilakukan.  Pemerintah cukup berkaca dari pelayanannya yang diberikan ketika ini lalu membandingkannya dengan layanan prima yang diberikan oleh para calo.  Cari tahu mengapa masyarakat lebih suka menggunakan jasa calo daripada datang pribadi ke tempat-tempat pelayanan umum pemerintah.  Tentu ada banyak alasan penyebab yang menjadi latar belakang duduk perkara tersebut.

Beberapa Alasan Penyebab Masyarakat Menggunakan Jasa Calo untuk Mengurus Sesuatu :

1. Relatif lebih cepat dan lebih profesional cara kerjanya

2. Tidak perlu datang ke kawasan pelayanan umum yang menghabiskan banyak waktu

3. Tidak butuh banyak berpikir untuk penyelesaian urusan dari awal sampai akhir

4. Berada bersahabat dengan masyarakat yang membutuhkan

5. Biaya yang relatif terjangkau bagi masyarakat umum

Dari beberapa fakta kenyataan di atas maka sudah selayaknya pemerintah melaksanakan pengkajian ulang terhadap pos-pos pelayanan umum yang masih banyak persepsi negatif dari masyarakat.  Sebisa mungkin pos-pos pelayanan umum mengikuti harapan masyarakat yang dinamis yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.  Berikan akomodasi semudah mungkin biar masyarakat mau mengurus urusannya sendiri tanpa dukungan dari calo atau perantara.

Jika pemerintah memperlihatkan pelayanan prima yang maksimal kepada masyarakat tentu masyarakat mampu berhenti menggunakan jasa para calo pengurusan sesuatu di tempat-tempat palayanan umum milik pemerintah.  Karena pada dasarnya calo hadir sebab masyarakat mampu menerima akomodasi dan kepraktisan yang tinggi dibandingkan dengan mengurus sendiri urusannya yang mampu memakan banyak waktu, tenaga, biaya, pikiran, perasaan, dan lain sebagainya.  Jika pelayanan pemerintah mampu lebih baik dari calo, maka kemungkinan besar masyarakat akan lebih memilih pemerintah daripada calo.