Cara Memilih Lokasi Tempat Tinggal (Rumah) Luar Kota yang Jauh Dari Kantor

Menentukan tempat untuk rumah yang akan menjadi tempat tinggal bagi anda dan keluarga ialah bukan hal yang sepele.    Harga rumah yang tinggi di kota besar telah memaksa banyak orang untuk membeli rumah di tempat yang jauh dari tempat bekerja di luar kota.  Ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan secara serius biar lokasi tempat tinggal yang dipilih tidak akan menjadi beban gres bagi anda.  Jika anda sempurna dalam memilih lokasi tempat tinggal, maka anda dan keluarga akan merasa nyaman dalam menjalankan banyak sekali acara hidup walaupun jauh dari tempat anda bekerja.

Beberapa Faktor/Hal/Kriteria yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Daerah Tempat Tinggal (Rumah) yang Jauh Dari Tempat Bekerja Tulang Punggung Keluarga :

1. Akses yang Cepat dan Mudah

Usahakan memilih tempat tempat tinggal yang akrab dengan susukan menuju tempat bekerja alias kantor.  Misalnya akrab dengan jalan utama, akrab dengan stasiun kereta, akrab dengan terminal bis, dan lain sebagainya.  Jarak antara rumah dengan jalan utama besar, stasiun kereta, terminal bus, dan lain-lain pun juga jikalau mampu masih mampu dijangkau oleh jalan kaki, sehingga dalam kondisi darurat sekalipun masih mudah dalam menjangkau susukan untuk ke luar kota.  Upayakan waktu tempuh dari rumah ke tempat mencari nafkah tidak lebih dari satu setengah jam atau sembilanpuluh menit.

2. Biaya Transportasi yang Terjangkau

Jika ongkos perjalanan dari rumah ke kantor terlalu besar maka penghasilan yang diterima sebagian besar akan habis untuk ongkos perjalanan dari rumah ke kantor saja.  Dengan memilih lokasi tempat tinggal yang akrab dengan susukan transportasi publik maka biaya transportasi akan dapat ditekan serendah mungkin.  Contohnya apabila seseorang dari rumah ke stasiun kereta api krl dilakukan dengan cara berjalan kaki, kemudian dilanjutkan perjalanan kereta, dan terakhir dilanjutkan dengan naik angkot jarak akrab ke kantor mungkin akan dapat jauh lebih menghemat pengeluaran transportasi daripada yang membawa kendaraan eksklusif ke kantor dari luar kota alasannya ketidaktersediaan transportasi yang cepat dan mudah menuju kantor.

3. Fasilitas yang Memadai Bagi Keluarga

Sebelum membeli, ada baiknya melaksanakan survey terlebih dahulu terhadap fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar tempat yang akan kita jadikan tempat tinggal.  Lihat apakah tersedia sekolah, tempat ibadah, taman pendidikan Al-Qur’an, pasar, rumahsakit, fasos (fasilitas sosial), fasum (fasilitas umum), bengkel mobil/sepeda motor, dan lain sebagainya.  Jangan hingga memilih lokasi tempat tinggal yang jauh dari tempat acara sehari-hari anggota keluarga yang lainnya baik isteri/suami, bawah umur dan anggota keluarga lainnya.  Apabila kemudahan jauh dari rumah, maka sudah pasti biaya transportasi anggota keluarga kita akan membengkak atau minimal membutuhkan kendaraan eksklusif untuk antar jemput anggota keluarga.

4. Mudah Berkomunikasi Jarak Jauh

Tempat yang jauh dari tempat bekerja dan berada di luar kota belum tentu memiliki susukan telekomunikasi yang lengkap sehingga akan mempersulit anda untuk melaksanakan komunikasi dengan orang lain yang berada di kantor dari tempat tinggal anda.  Pilih wilayah tempat tinggal yang setidak-tidaknya sudah tersedia jaringan telepon seluler sehingga anda dapat menggunakan handphone anda untuk berkomunikasi di rumah anda dan tempat sekitarnya.

5. Tidak Menyebabkan Tekanan Batin

Yang paling terpenting ialah jangan hingga anda mengalami tekanan jiwa alasannya rasa ketidaknyamanan yang ada rasakan setiap hari kerja secara rutin selama jangka waktu yang lama.  Jika anda merasa tidak betah dengan perjalanan panjang dari rumah ke kantor dalam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga anda, maka ada baiknya anda segera mengambil langkah untuk mencari tempat tinggal gres yang akrab dengan kantor anda.  Anggota keluarga yang lain pun juga harus merasa nyaman dan betah dengan tempat tinggalnya untuk lebih adilnya.  Dengan demikian anda sekeluarga akan merasa hidup bahagia walaupun hidup jauh dari kantor tempat anda bekerja mencari penghidupan.

Semoga goresan pena yang sederhana ini dapat memperlihatkan banyak kebaikan bagi kita semua, lebih kurangnya mohon maaf dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.