Cara Membuat Uang Bekerja Untuk Kita Lewat Penghasilan Pasif

Ada banyak orang yang ingin mempunyai uang banyak tanpa harus bekerja keras membanting tulang memeras keringat dalam kehidupan sehari-harinya.  Namun tidak banyak orang yang bisa mewujudkannya akhir keterbatasan pengetahuan maupun keterbatasan semangat untuk mewujudkan keinginan tersebut.  Untuk bisa menerima penghasilan pasif yang cukup besar memang dibutuhkan pengetahuan serta kemampuan yang cukup dalam usaha yang digeluti, supaya tidak menjadi korban penipuan maupun menjadi korban dari para pesaing pada bisnis yang sama.

Tahap / Langkah Menjadikan Uang Bekerja Untuk Kita (Mencari Penghasilan Pasif / Passive Income) yang Baik :

1. Mengumpulkan Modal dari Sumber yang Halal

Untuk menerima modal yang cukup bisa didapat melalui bantuan orang lain maupun dari hasil kerja keras kita.  Jika ketika ini kita tidak mempunyai modal yang cukup untuk memulai suatu usaha atau untuk membeli aset potensial maka yang bisa kita lakukan ialah menabung dengan penuh kesabaran.  Perbanyaklah sedekah untuk membuka pintu rejeki anda dari cara yang tidak kita duga-duga dari Tuhan SWT.  Bekerjalah kepada orang lain dengan penuh tanggung jawab dan semangat membara supaya bisa menerima uang lebih yang nantinya dapat digunakan untuk tabungan.  Tabunglah uang kita dalam bentuk dinar emas dan dirham perak supaya terhindar dari inflasi serta mudah untuk dikeluarkan zakatnya setiap tahun kalau telah mencapat nisab.

2. Memulai Usaha atau Membeli Aset Produktif Potensial

Di ketika uang yang kita tabung sudah agak banyak maka mulailah berburu untuk membeli aset-aset produktif potensial ibarat tanah di tempat pemukiman, sawah atau kebun di tempat subur, kios atau toko di tempat yang ramai, dan lain sebagainya.  Mulailah merintis usaha dengan penuh semangat dan jangan lupa untuk mencari ilmu agama yang berafiliasi dengan usaha anda supaya tidak menerima dosa dari Tuhan SWT.  Carilah gosip yang sebanyak-banyaknya mengenai bisnis yang akan dijalani supaya bisa mengambil tindakan yang sempurna sehingga resiko rugi atau pun gulung tikar bisa dijauhi sejauh-jauhnya.  Pada langkah pertama jadilah manajer usaha secara pribadi dengan merekrut beberapa pegawai untuk membantu kita dari orang-orang yang dapat dipercaya.

3. Melimpahkan Tanggung Jawab Kepada Orang yang Dapat Dipercaya

Selanjutnya ialah mencari orang yang dapat kita percaya untuk diberikan kepercayaan mengelola usaha yang kita geluti.  Usahakan untuk mencari orang yang bukan dari keluarga atau kerabat kita sendiri supaya kalau suatu ketika nanti muncul permasalahan tidak terbawa-bawa menjadi urusan keluarga dan kita pun akan mudah untuk memecat orang tersebut.  Carilah orang yang jujur, bertakwa kepada Tuhan SWT, berjiwa bisnis, pekerja keras, dan memiliki kemampuan untuk mengelola usaha yang kita miliki tersebut.

4. Melakukan Pengawasan, Evaluasi dan Perbaikan

Setelah usaha kita dijalankan oleh orang lain yang bisa kita percaya, maka langkah selanjutnya ialah melaksanakan pengawasan, melaksanakan evaluasi dan melaksanakan perbaikan ketika diperlukan.  Pada tahap ini kita pun dituntut untuk selalu melaksanakan monitoring pada usaha kita, terus berguru untuk membuatkan usaha, mencari gosip mengenai persaingan dunia usaha sejenis, dan lain sebagainya.  Jadilah orang yang bijaksana walaupun hanya sebatas pemilik usaha dengan menyerahkan banyak sekali urusan kecil kepada orang yang telah kita beri kepercayaan, kecuali sudah sangat keterlaluan.  Lakukanlah perbaikan dan pengembangan bisnis kalau dirasa sudah diharapkan supaya usaha yang kita miliki bisa bertahan dan berkembang sesuai dengan harapan kita.

5. Melakukan Pengulangan Terus-Menerus

Tetaplah menabung dan bertindak bijaksana atas keuntungan usaha yang telah diperoleh.  Jangan menjadi orang yang boros dan konsumtif ketika usaha kita memperolah keuntungan yang besar.  Yang harus kita lakukan justru melaksanakan langkah nomor satu sampai nomor lima pada artikel ini secara berulang-ulang sehingga kita bisa memiliki usaha dalam jumlah besar pada jenis usaha yang sama maupun berbeda-beda.  Upayakan memiliki usaha pada jenis usaha yang berbeda-beda supaya tidak pribadi runtuh bisnis kita ketika terjadi krisis pada jenis usaha yang kita geluti.  Jadilah orang yang baik dan tidak sombong ketika sudah sukses, alasannya kesuksesan kita merupakan salah satu bentuk ujian Tuhan SWT kepada insan dalam bentuk yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips ringan dari blog atau situs web yang sederhana ini.  Semoga dengan adanya tips ini anda dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses serta sholeh.  Bila anda memiliki tips embel-embel anda bisa menambahkannya melalui akomodasi komentar yang ada di bawah goresan pena ini.  Selamat mencoba dan semoga anda berhasil menjadi seorang pengusaha yang jago di bidangnya.