Cara Membuat Situs Web dengan Sub Domain .go.id .co.id .or.id & .id Lainnya Gratis

Apabila anda ingin membuat blog atau website dengan akhiran domain .go.id, .co.id, .or.id, .desa.id, .sch.id, .ac.id, dan .id lainnya gratis maka anda mampu mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis.  Namun anda hanya mampu menerima subdomainnya saja menyerupai anda.domain.go.id sedangkan domainnya tidak mampu anda ganggu gugat sedikit pun.  Ini akan jauh lebih baik daripada mengusahakan domain .id tersebut di atas sendiri alasannya yaitu membutuhkan banyak sekali berkas-berkas resmi dari perusahaan, yayasan, lembaga, organisasi atau dari pemerintah.  Paling-paling jatuhnya anda hanya mampu menerima domain .id, .web.id atau .my.id saja.  Itu pun juga dikenai biaya iuran pendaftaran, tahunan, komisi pengecer domain, dan lain sebagainya.

Untuk menerima sub domain .id gratis untuk digunakan website atau blog, anda tinggal mengunjungi website http://afraid di internet.  Di website afraid tersebut anda cukup mendaftar akun gres saja lalu mulai mencari sub domain .id gratis di bab registry.  Ketikkan akhiran domain yang ingin anda pakai menyerupai .ac.id, .go.id, .sch.id, .desa.id, .mil.id, .co.id, atau .id untuk melihat seluruh domain indonesia yang dapat digunakan secara cuma-cuma.  Nanti akan muncul banyak sekali pilihan domain yang dapat anda miliki subdomainnya secara cuma-cuma.  Setelah menemukan domain yang cocok maka anda klik saja lalu masukkan nama subdomain dan settingan khusus untuk mencapai akun web hosting anda.  Jika galau anda cukup forward / redirect saja subdomain .id tersebut ke website / blog anda.  Mudah bukan?
Sebaiknya anda memilih domain yang berstatus public (publik) alasannya yaitu yang berstatus private (pribadi) biasanya lebih ketat dalam menentukan siapa yang boleh menggunakan subdomainnya.  Yang pasti subdomain .id gratisan tersebut dapat hilang sewaktu-waktu apabila pemilik domain menarik diri dari layanan dari afraid tersebut.  Tidak ada yang kekal dalam dunia gratis-gratisan di internet.  Yang terperinci anda harus mampu menjaga nama baik domain yang anda pakai.  Jika anda menggunakan subdomain untuk tujuan yang tidak-tidak maka anda mampu segera kehilangan subdomain anda alasannya yaitu layanan anda diblokir oleh sang pemilik domain berakhiran id tersebut.  Bukan hal yang tidak mungkin sang pemilik domain membawa dilema anda ke ranah hukum.
Dengan settingan tertentu pun anda mampu menikmati alamat email dengan domain .id, .go.id, .ac.id, .co.id, .mil.id, .or.id, .web.id, .net.id, .my.id, dan lain sebagainya.  Hingga ketika ini memang domain .id belum mampu didapatkan, namun sebentar lagi domain .id mampu eksklusif didaftarkan di pandi (pengelola nama domain indonesia) dengan tarif yang sangat mahal.  Akan tetap anda dapat memperoleh subdomainnya di afraid secara gratis terbatas.  Selamat mencoba menggunakan sub domain gratis .id di internet dan biar berhasil dengan baik, terima kasih.