Cara Membuat Sekolah Libur Sabtu Minggu (Dua Hari Seminggu)

Libur sekolah mampu satu hari dan mampu juga dua hari tergantung kebijakan dari masing-masing sekolah.  Yang terpenting ialah jangan hingga jam berguru dalam satu ahad kurang dari apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  Jadi libur dua hari ialah sesuatu hal yang diperbolehkan oleh pemerintah.  Libur sekolah tiga hari dalam seminggu pun boleh dilakukan dengan konsekuensi jam berguru siswa dari senin hingga hari kamis akan sangat padat dari pagi hingga sore hari.

Bagi yang merasa kurang beruntung alasannya ialah bersekolah di sekolah yang hanya membolehkan libur di hari ahad saja maka jangan kecewa.  Masih ada jalan untuk menuju libur dua hari dalam satu minggu.  Untuk menerima apa yang diinginkan terkadang membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit.  Namun cara ini belum tentu dijamin sukses pada siswa yang ingin libur sabtu ahad dari aneka macam kegiatan sekolah yang menjemukan bagi sebagian siswa-siswi sekolah.

Beberapa Tips Cara Menjadikan Hari Sabtu dan Minggu Sebagai Hari Libur Sekolah :

1. Memperpadat Jam Pelajaran di Hari Senin s/d Jum’at

Jika ingin bersekolah lima hari sepekan maka kita harus berani mengusulkannya kepada Kepala Sekolah.  Buatlah semacam serikat siswa dan menunjuk perwakilan siswa yang akan menghadap Kepala Sekolah untuk mengusulkan impian para siswa untuk memiliki hari libur dua hari dalam satu minggu.  Usulkan untuk melaksanakan pemadatan jam berguru di hari senin hingga jumat sehingga tidak perlu ada pelengkap jam pelajaran di hari sabtu.

Jika terdapat dua shift sekolah yaitu pagi dan siang, maka usulkanlah untuk memajukan jam mulai berguru untuk shift pagi dan memperpanjang jam pulang untuk pelajar di shift siang.  Dengan begitu maka di hari sabtu mampu dikosongkan pelajarannya sehingga para siswa, guru dan staf sekolah pun mampu menerima hari libur.  Paparkan aneka macam hal negatif seputar sekolah enam hari seminggu ibarat boros ongkos transportasi, tekanan batin, banyak waktu terbuang di jalan raya, biaya pelengkap seragam sabtu, kurang waktu untuk menyebarkan diri, tidak ada waktu untuk kursus keterampilan, kurang plesir, dan lain sebagainya.

2.  Pindah ke Sekolah Baru

Jika aspirasi sebagian besar siswa sekolah untuk menimbulkan hari sabtu sebagai hari libur sekolah maka para siswa berhak untuk pindah ke sekolah lain yang menerapkan libur dua hari dalam seminggu.  Entah itu sekolah negeri maupun sekolah swasta yang penting berkualitas dan tidak berdampak negatif pada para siswanya.  Bagi yang menganggap libur di hari sabtu dan ahad ialah prioritas utama, maka pindah sekolah merupakan pilihan yang terbaik.  Namun bagi yang tidak memiliki duduk perkara dengan libur satu hari dalam satu minggu, maka sebaiknya tetap bersekolah ibarat biasa.

Belajarlah dengan baik saat telah menerima apa yang diinginkan.  Jangan hanya berguru teori, alasannya ialah dunia kerja tidak membutuhkan terlalu banyak teori.  Jika perlu bekerjalah ibarat orang remaja kalau telah mencapai usia remaja / usia puber sambil bersekolah dan berkuliah di waktu senggang.  Mudah-mudahan dengan didapatkannya libur dua hari perpekan dapat menawarkan aneka macam hal aktual kepada para siswa-siswi pelajar sekolah.  Jangan hingga libur dua hari digunakan untuk hal-hal yang dapat merusak masa depan para murid sekolah.

Selamat mencoba dan biar berhasil berlibur di hari sabtu dan ahad dari segala kegiatan berguru di sekolah.