Cara Membuat Pengunjung Setia Pada Blog Anda

Pengunjung Setia
Bicara soal pengunjung, bergotong-royong tak lepas dari content atau isi blog anda. Apa artinya? Content blog akan sangat menentukan jumlah orang yang mengunjungi blog anda. Ya, karena dalam dunia internet marketing, yang menjadi promotor blog anda bukanlah anda sendiri, tapi content anda, artikel anda. Content menjadi ujung tombak marketing dalam blog anda. Content anda lah yang bisa membuat mereka jatuh hati dengan blog anda dan memmbuat mereka jadi pengunjung setia.

Masalahnya bergotong-royong sederhana. Jika content anda baik, mereka akan jatuh hati pada blog anda dan mereka akan kembali kepada anda. Jika content anda buruk, mereka pun akan enggan kembali ke blog anda. Bagaimana mungkin pengunjung bisa tertarik dengan blog anda jikalau mereka justru bosan dengan goresan pena yang anda tampilkan di blog?
Inilah yang kita akan bahas… wacana membangun content yang menghipnotis, satu- satunya kunci keberhasilan untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung setia.

Apa yang Pengunjung Cari?
Coba anda pikirkan baik-baik pertanyaan ini: Apa bergotong-royong yang dicari oleh pengunjung?
Perlu anda ketahui, sebagian besar orang mengakses internet karena mereka mencari INFORMASI! Informasi tersebut tentu bukan sekadar informasi saja. Informasi yang mereka cari yaitu informasi yang bisa membantu mereka menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi ketika itu.
Pernahkah anda melihat suatu blog di internet yang banyak dikunjungi orang? Jika pernah, coba perhatikan, apa keistimewaan blog tersebut? Saya yakin, ada aneka macam pendapat yang anda berikan pada saya. Tapi, semua pendapat tersebut bergotong-royong bertemu ke satu alasan: INFORMASI yang bermanfaat!
Inilah yang mereka cari! Inilah alasan mengapa ada blog yang bisa menarik ribuan pengunjung dalam sehari. Ya, karena blog tersebut bisa menyediakan informasi yang bermanfaat bagi mereka. Tidak hanya itu, informasi tersebut tidak hanya menyajikan manfaat, tapi juga menunjukkan solusi.

Anda belum percaya? Silakan anda lihat berapa banyak orang yang telah berkunjung ke blog kumpulan cara. Anda bisa merenungkan mengapa saya bisa menyedot begitu banyak pengunjung ke dalam blog ini? Ya, saya tidak hanya menunjukkan informasi bermanfaat bagi mereka, tapi juga menunjukkan produk (solusi) nyata yang bekerjasama dengan informasi tersebut juga beberapa generator terutama wacana Facebook yang paling banyak menghisap Pengunjung. Pengunjung tak butuh informasi atau solusi yang tak jelas, mereka butuh solusi nyata.

Tawarkan informasi gratis, Aplikasi gratis, ebook gratis dan berikan manfaat, Pengunjung blog biasanya tidak hanya menginginkan informasi berupa info atau artikel saja. Mereka bergotong-royong mencari manfaat. Mereka mencari solusi atas persoalan mereka. Makanya, ketika mereka menemukan informasi yang berkhasiat bagi mereka, mereka tentu akan berharap memiliki solusi selengkapnya berkaitan dengan informasi tersebut.
Jika anda memiliki blog mengenai review software tertentu, saya harap anda jangan hanya menampilkan informasinya saja. Anda juga harus berikan manfaat. Tunjukkan mana software terbaik diantara puluhan software sejenis yang ada. Setelah itu, giring mereka untuk membeli software terbaik berdasarkan review anda.
Inilah juga diam-diam yang sudah dilakukan oleh Adsense. Bagaimana system periklanan itu bisa mendatangkan banyak pengiklan (advertiser) dan penerbit iklan (publisher). Yakni dengan meletakkan solusi nyata berupa iklan, yang ditampilkan pada content yang relevan atau berhubungan.
Cobalah anda posisikan pengunjung menyerupai diri anda sendiri. Apa yang harus anda lakukan? Jika anda sudah mengerti wacana cita-cita pengunjung, anda harus bisa semaksimal mungkin menuruti cita-cita tersebut. Berikan kepuasan pada mereka. Tampilkan solusi yang mereka inginkan dan berikan bonus untuk menarik perhatian mereka. Sederhana bukan?
Nah, setelah anda berguru banyak soal apa yang biasanya pengunjung cari ketika online, saatnya anda mulai menulis informasi untuk blog anda. Maksudnya? Ya, mulailah untuk menulis artikel dan content dalam blog sebagai ‘penjinak’ perhatian pengunjung anda.

Menulis Artikel Secara Kreatif
Apa bergotong-royong artikel kreatif itu? Bagaimana ciri-cirinya? Bagaimana jikalau saya bukan seorang penulis? Bagaimana jikalau pengunjung tidak suka pada artikel saya? Bagaimana…bla…bla…
Wow… Jika anda terus berpikir menyerupai itu, kapan anda mulai menulis? Ingat, anda tidak sedang menulis untuk lomba karya tulis ilmiah dengan beragam metode penelitian atau apapun namanya. Yang anda tulis ketika ini yaitu seputar persoalan yang dihadapi oleh orang lain. Jika anda menulis artikel dengan bahasa-bahasa yang ilmiah tentu tidak akan meringankan dan membantu beban mereka. Percayalah, hal ini malah membuat mereka semakin BOSAN!
Yang perlu anda ketahui, menulis artikel dalam sebuah blog berbeda dengan menulis artikel di media massa atau jurnal. Anda harus memperhatikan:
Pemakaian istilah. Anda tidak perlu memakai istilah-istilah yang membuat pembaca mengerutkan alis dan membuka kamus berkali-kali. Istilah-istilah yang anda gunakan haruslah mencerminkan perhatian anda pada persoalan yang mereka hadapi.
Gaya bahasa bercakap-cakap. Cobalah gunakan bahasa-bahasa yang komunikatif. Anggaplah anda sedang berbincang-bincang dengan mereka.
Tulislah dari hati ke hati. Ajaklah mereka untuk membagi persoalan mereka dengan anda. Tulislah dengan gaya bahasa dari hati ke hati. Jangan biarkan mereka kecewa pada artikel anda.

Singkat dan padat. Tuliskan artikel anda dengan singkat, padat, dan pribadi pada intinya. Jangan terlalu berbelit-belit. Pembaca akan merasa jenuh terlebih dahulu sebelum mereka membaca inti artikel anda.
Tulislah dengan font yang jelas. Pakailah font-font yang rapi dengan ukuran yang jelas. Jangan hingga pembaca harus mendongokkan kepalanya ke layar monitor karena goresan pena anda yang terlalu kecil. Begitu pula, jangan biarkan mereka memundurkan kepalanya dari layar monitor alasannya yaitu goresan pena artikel anda yang terlalu besar. Sedang-sedang sajalah, yang penting bisa dibaca.
Perbanyak manfaat dan solusi. Jangan hanya gunakan satu solusi dalam artikel anda, itu akan membuat pembaca merasa sempit dan tidak bebas. Carilah beberapa solusi yang baik dan terjangkau bagi pembaca anda. Jangan hingga mereka hanya membaca informasi artikel anda tanpa tahu apa solusi yang mereka dapatkan. Bahkan jikalau perlu, semua artikel anda harus lebih banyak terisi wacana manfaat dan solusi. Lagi pula, anda tidak tahu, jikalau anda hanya menulis satu solusi, jangan-jangan pembaca anda sudah tahu solusi itu hanya saja kurang sempurna bagi dia. Bukankah ini akan jadi sia-sia?
Dengan cara-cara menyerupai itu, saya yakin pembaca akan lebih enjoy dan tertarik pada artikel anda. Selain memperoleh perhatian besar dari mereka, anda berkesempatan untuk meningkatkan penjualan produk.
Anda tidak perlu khawatir. Sesuai pengalaman saya, pembaca yang seringkali berkunjung ke blog anda dan memberikan komentar-komentar atau pujian-pujiannya pada artikel anda, sebagian besar sudah masuk dalam ‘perangkap’ blog.

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah bisa berlatih untuk (mulai) menulis artikel? Cobalah mulai dari ketika ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *