Cara Membuat Orang/Jamaah Betah Di Masjid untuk Beribadah

Masjid yang baik ialah masjid yang makmur di mana ada banyak orang yang memakmurkan masjid di dalamnya.  Orang yang berada di dalam masjid tidak harus melaksanakan ibadah sholat saja, namun bisa juga bentuk-bentuk ibadah lainnya.  Contoh acara yang bisa dilakukan di dalam masjid ialah ibarat pengajian, membaca Al-Qur’an, membaca buku-buku ilmu pengetahuan islami, silaturahmi, instrospeksi diri, dan lain sebagainya.

Beberapa Tips Cara Membuat Orang / Jamaah Betah Di Dalam Masjid :

1. Meningkatkan Kenyamanan Masjid

Jika ketika ini desain bangunan masjid dirasa kurang indah dan nyaman, maka ubahlah penampilan masjid biar tampil lebih menarik.  Selain desain fisik bangunan, kebersihan dan keramahan pengurus masjid pun juga perlu ditingkatkan biar orang yang datang ke masjid bisa merasa nyaman berada di masjid tersebut.

2. Menyediakan Buku-Buku Bacaan dan Media Massa

Tidak ada salahnya menyediakan rak-rak khusus untuk buku bacaan Islami serta media masa ibarat koran dan majalah untuk dibaca jamaah masjid secara gratis.  Jangan lupa untuk secara rutin membeli koleksi buku gres yang menarik.  Membaca tulisan-tulisan Islami selain bisa menambah pengetahuan jamaah juga bisa membuat waktu kunjungan seseorang di masjid menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

3. Memperbaiki dan Memperlengkap Fasilitas Masjid

Fasilitas yang belum ada hendaknya dilengkapi biar jamaah merasa betah dan kerasan berada lama di dalam masjid.  Sedangkan akomodasi masjid yang dirasa belum baik atau belum optimal bisa diupayakan perbaikannya.  Contohnya yakni ibarat taman, daerah parkir, daerah penitipan barang jamaah, perpustakaan, kantor sekretariat, kamar mandi, dan lain sebagainya.

4. Memberikan Minuman Gratis Dan Makanan Ringan Gratis Bagi Jamaah

Menikmati suasana masjid sambil minum-minum dan makan-makan snack gratisan bagi para jamaah masjid tentu bisa membuat jamaah senang berlama-lamaan berada di dalam masjid.  Cukup air minum dalam kemasan dan makanan ringan kering (misalnya kurma kering) speertinya sudah cukup.

5. Menjadi Tempat Rekreasi Rohani / Wisata Rohani

Jika bisa maka ubah saja masjid yang ada ketika ini menjadi masjid yang spektakuler yang memiliki ciri khas unik yang bisa membuat orang tertarik untuk datang.  Contohnya yaitu ibarat membuat taman kota, hutan bunga atau danau buatan yang nyaman beserta wahana-wahana rekreasi yang menarik bagi para pengunjung.

6. Memperbanyak Kegiatan Keagamaan

Jika perlu adakan saja program kajian Islami setiap hari atau setiap hari-hari tertentu biar jamaah masjid bisa ikut serta pada kegiatan tersebut.  Selain program pengajian rutin, ada baiknya juga melaksanakan kegiatan pelatihan bagi jamaah masjid ibarat bimbingan baca Qur’an gratis, bimbingan berguru (bimbel) gratis bagi anak-anak, kursus memasak, kursus menjahit, dan lain sebagainya yang kira-kira bermanfaat bagi warga masyarakat yang ada di sekitar masjid.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan oleh anggota pengurus masjid atau anggota DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) biar masjidnya dikunjungi oleh banyak orang yang betah berlama-lama di dalamnya.  Jika masjid telah makmur dengan orang-orang sholeh maka hal tersebut akan bisa berdampak aktual bagi orang-orang yang tinggal di sekitar masjid dan juga orang-orang yang mengunjungi masjid tersebut.  Semakin banyak orang sholeh maka diri kita pun akan bisa menerima kebaikannya baik secara pribadi maupun tidak langsung.  Selamat mencoba dan semoga berhasil memakmurkan masjid yang ketika ini dirasa kurang makmur,  Terima kasih.