CARA MEMBUAT KUIS ATAU SOAL ONLINE SECARA GRATIS

Untuk membuat kuis atau soal online yang gratis dan mudah ada beberapa software yang mampu digunakan,salah satunya dengan menggunakan layanan Google yang disebut Google Drive. Untuk membuat soal online dengan Google Drive cukup dengan modal memiliki account di gmail. Langkah-langkah membuat soal di Google Drive sebagai berikut:
1.     Anda harus memiliki akun gmail (google mail) terlebih dahulu. Apabila Anda belum memilikinya, mampu membaca panduan Cara Membuat Email Baru di Gmail (Google Mail)

2.     Setelah Anda memiliki Email, langkah berikutnya silahkan kunjungi GOOGLE DRIVE

3.     Login menggunakan alamat Email yang sudah Anda buat t

4.     Setelah Anda Login di Google Drive, klik tombol Create (buat). Untuk memulai membuat Soal Online, silahkan pilih Formulir (Google Forms). Tampilannya sebagai Berikut :                                           



5.     Formulir ini memiliki beberapa bagian. Berikut Penjelasannya:




6.     Bagian No.1 untuk nama dokumen, untuk menunjukkan nama dokumen yang akan dibuat, klik bab ini maka akan muncul tampilan nama dokumen, kemudian klik OK



  
7.     Bagian No. 2 yakni baris menu dengan bawah umur menu di dalamnya. Silahkan klik menu-menu tersebut untuk mengetahui detail fungsinya.

8.     Bagian No. 3 yakni untuk judul soal-soal yang akan dibuat.

9.     Bagian No 4 untuk menuliskan pertanyaan dari suatu soal.

10.  Bagian No 5 untuk menunjukkan penjelasan apabila soal membutuhkan penjelasan tertentu.

11.  Bagian No 6 untuk memilih jenis pertanyaan. Untuk memilih jenis pertanyaan klik tombol panah drop down, sehingga muncul pilihan jenis soal.




12.  Bagian No 7 merupakan bab untuk pilihan/opsi jawaban. Bagian ini akan menyesuaikan jenis soal yang dipilih.

13.  Bagian No 8 untuk menambahkan pilihan lagi apabila dibutuhkan.

14.  Bagian No 9 untuk mendefinisikan apakah soal/pertanyaan yang dibuat harus/wajib dijawab atau tidak. Apabila pembuat soal menghendaki soal harus dijawab, maka bab tersebut bisa dicentang dan balasannya apabila soal tersebut belum dijawab, maka tidak mampu beralih/meneruskan menjawab soal selanjutnya.

15.  Bagian No 10 untuk mengakhiri apabila sudah selesai membuat soal.

16.  Bagian No 11 untuk menambahkan soal-soal berikutnya.

17.  Bagian No 12 untuk memanipulasi soal. Ikon pensil digunakan untuk mengedit soal, ikon copy untuk menduplikat pertanyaan/soal tersebut dan ikon kawasan sampah untuk menghapus soal tersebut.




18.  Untuk mempercantik tampilan web soal yang Anda buat, Anda mampu memilih tema/theme dengan cara meng-klik tombol tema/thema sehingga muncul pilihan tema menyerupai berikut ini



19.  Untuk melihat bentuk jadi soal yang Anda buat, klik maka Anda akan mendapati tampilan soal-soal yang gres saja Anda buat. Anda mampu mengedit kembali apabila ada kesalahan atau kekurangan.

20.  Untuk mempublikasikan soal, mampu dilakukan dengan cara menempel di website/blog atau melalui email.

21.  Jawaban yang masuk atas soal-soal yang Anda buat akan terekam dalam spreadsheet. Untuk melihat tanggapan, klik

22.  Untuk menilai hasil atau jawaban yang masuk, Anda mampu menggunakan formula menyerupai halnya di Microsoft Excel.


Sebagai tambahan, selain menggunakan Google Drive, Anda juga dapat membuat kuis online menggunakan beberapa layanan online quiz maker, menyerupai QuizStar (quizstar.4teachers.org), ProProfs (proprofs.com), Thatquiz (thatquiz.org), dll.


= Baca Juga =


Sumber http://ainamulyana.blogspot.com/