Cara Membuat Handphone Tidak Berbunyi Saat Sholat di Masjid/Musholla

Sholat berjamaah di masjid atau di musholla memang mengharuskan kita berada dalam kondisi yang khusyuk.  Kondisi khusuk dalam sholat membutuhkan suasana yang hening dan kondusif supaya kekhusyukan sholat mampu berlangsung lama mulai dari awal sholat sampai berakhirnya sholat berjamaah.  Keadaan khusuk pada diri seseorang mampu terganggu manakala terdengar bunyi keras yang berasal dari handphone atau ponsel.

Karena bunyi nada dering ponsel yang berasal dari panggilan telepon dan juga penerimaan / pengiriman sms mampu merusak konsentrasi orang yang sedang melaksanakan ibadah sholat maka sebaiknya ponsel dinonaktifkan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam masjid atau mushola.  Jika tidak dinonaktifkan dikhawatirkan dapat bunyi secara tiba-tiba dan membuat orang yang sedang khusuk solat menjadi terganggu.

Jika hal ini tidak ingin terjadi pada diri kita dan kita tidak mau capek-capek menonaktifkan handphone ketika mau sholat, maka solusinya yakni mode silent permanen.  Ubah settingan hp kita menjadi silent mode dengan notifikasi kiriman sms dan panggilan telepon melalui getaran.  Dengan begitu maka kita tidak perlu melaksanakan apa-apa ketika mau sholat alasannya dijamin tidak akan bunyi berisik ketika kita dan orang lain di sekitar kita sedang melaksanakan ibadah sholat.