Cara Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi

Cara Membersihkan Telinga Bayi

Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi menjadi salah satu dari perawatan bayi yang cukup penting. Perawatan bayi sangat beragam, mulai dari perawatan yang berafiliasi dengan semua organ bayi dan lingkungan buah hati. Semua bentuk perawatan harus dilakukan secara baik dan benar, sehingga pertumbuhan dan kesehatan bayi mampu maksimal.

Adapun Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi yaitu perawatan bayi yang cukup sering dilakukan dan bahkan rutin dilakukan selain memotong kuku bayi. Adapun panduan membersihkan kotoran hidung dan pendengaran bayi yang benar yaitu sebagai berikut:

Cara Membersihkan Telinga Bayi

Telinga bayi merupakan salah satu indra yang sangat sensitif sehingga membutuhkan cara yang sempurna untuk perawatannya. Membersihkan pendengaran bayi harus dilakukan secara rutin, untuk menghindari penumpukan kotoran yang semakin keras dan mengganggu pendengaran bayi.

Membersihkan Telinga Bayi mampu dilakukan sendiri atau dengan santunan dokter hebat THT. Apabila anda ingin membersihkan pendengaran bayi sendiri, tentu harus menghindari penggunaan obat apapun kecuali obat dengan resep dokter. Membersihkan pendengaran bayi, sebaiknya dilakukan dengan aktivitas rutin, dan dilakukan setelah bayi mandi.

Adapun langkah-langkah yang mampu dilakukan yaitu dengan membersihkan lekukan pendengaran luar menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil terlebih dahulu. Anda tidak perlu membersihkan kotoran pendengaran episode dalam, alasannya yaitu kotoran pendengaran yang berada di dalam telingan akan berfungsi sebagai antiseptik dan akan keluar sendiri. Dan yang perlu anda bersihkan adalah, kotoran pendengaran yang memang telah keluar tersebut.

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Membersihkan Hidung Bayi dilakukan untuk mencegah bayi kesulitan bernafas, atau ketika bayi terserang flu, maka hidung bayi harus lebih sering dibersihkan, adapun langkah-langkah yang mampu dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Gunakan cotton bud yang telah diberi air hangat, untuk membersihkan episode luar lubang hidung bayi.
  • Apabila ada kotoran pada episode dalam yang mendekati luar lubang hidung, anda mampu membersihkan dengan menggunakan cotton bud,
  • Lakukan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan secara perlahan, untuk membersihkan kotoran hidung,
  • Hindari penggunaan kain yang agresif untuk mengeluarkan kotoran pada hidung bayi apalagi menggunakan jari atau kuku alasannya yaitu dapat melukai hidung buah hati,
  • Hindari membersihkan hidung bayi terlalu keras alasannya yaitu hidung bayi masih sangat sensitive,
  • Saat flu, hindari menghisap kedua lubang hidung bayi sekaligus, alasannya yaitu dapat menyebabkan lendir naik ke pendengaran tengah dan memicu terjadinya infeksi. Atau anda juga mampu membersihkan lendir flu bayi dengan menggunakan alat baik yang elektrik maupun manual.

Cara-cara membersihkan kotoran pendengaran dan hidung pada bayi diatas tentu harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak melukai organ penting buah hati anda. Dengan perawatan yang sempurna dan rutin, maka diperlukan buah hati anda akan merasa nyaman dan tentu sempurna sehat.

Ringkasan:

  • Selain memotong kuku, membersihkan hidung dan pendengaran bayi harus dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar.
  • Cara Membersihkan Telinga Bayi, cukup dengan membersihkan lekukan pendengaran luar menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil,
  • Cara Membersihkan Hidung Bayi yaitu dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hagat.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *