Cara Membedakan Obat Palsu dan Asli

Tips Kesehatan

Membedakan Obat Palsu dan Asli harus anda pelajari alasannya yakni ketika ini peredaran obat palsu dan ilegal di Indonesia sangat meningkat. Hal ini tidak hanya akan merugikan dalam hal finansial, namun juga berbahaya terhadap kesehatan. Dan hingga ketika ini masyarakat masih belum mempunyai pengetahuan bagaimana membedakan obat asli dan yang palsu yang beredar di disekitar mereka.

Dokter Instiaty selaku Farmakolog dari Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyadari memang tidak mudah membedakaan obat asli atau palsu secara kasat mata, dan lebih banyak hanya mampu diketahui melalui uji laboratorium.
Obat-obatan yang biasanya dipalsukan yakni obat yang kemasannya mudah dipalsukan, harga pembuatannya murah, dan banyak dibeli oleh orang ibarat obat dengan label Obat Bebas. Adapun jenis obat yang sering dipalsukan adalah, obat berbentuk kapsul, viagra atau antibiotik. 
Obat palsu berbentuk kapsul mampu saja hanya berisi tepung atau obat dengan komposisi yang tidak sama dengan obat asli. Hal ini tentu tidak akan efektif untuk mengobati suatu penyakit, bahkan bias membahayakan masyarakat. 
Cara Membedakan Obat Palsu dan Asli yang paling sederhana yakni dengan mengecek ada tidaknya ijin edar dari (BPOM) Badan Pengawas Obat dan Makanan, melihat perbedaan warna bungkus dan label obat. Namun memang secara kasat mata, obat palsu sangat ibarat dan sulit dibedakan, dan masyarakat akan jarang memperhatikan label sebelum minum obat yang dibelinya. 
Untuk menghindari obat palsu, sebainya anda hanya mengkonsumsi obat dengan resep dokter dan membelinya di apotek terpercaya yang memang sudah di bawah pengawasan BPOM. Hindari membeli obat di warung, apalagi situs online. Anda juga harus, waspada apabila membeli obat dengan harga yang lebih murah dari yang seharusnya.
Ringkasan:
  • Obat Palsu merugikan financial dan kesehatan konsumen,
  • Obat palsu yang banyak dipalsukan yakni yang berbentuk pil, dengan kemasan yang mudah dipalsukan,
  • Membedakan Obat Palsu dan Asli secara detail hanya bias dilakukan dengan pengujian di laboratorium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *