CARA LOGIN DAN MENGISI APLIKASI ABSENSI GURU (GTK) SECARA ONLINE MELALUI LAMAN HTTP://HADIR.GTK.KEMDIKBUD.GO.ID/

CARA LOGIN DAN MENGISI APLIKASI ABSENSI GURU SECARA ONLINE
Untuk menvalidasi data kehadiran guru pada dikala jam tatap muka Dirjen GTK membuat aplikasi gres adalah Absensi Guru (GTK) atau Daftar Hadir GTK yang harus diisi secara online oleh Operator Sekolah. Salah satu syarat untuk masuk ke Aplikasi Absensi Kehadiran Guru (GTK) Secara Online adalah dengan mensinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018 terlebih dahulu maka nantinya data setiap GTK akan masuk dengan sendirinya. Aplikasi Absensi Kehadiran GTK ini sangat besar lengan berkuasa terutama bagi guru yang sudah sertifikasi. Kedepan bukan tidak mungkin aplikasi ini menjadi syarat penerbitan SKTP.

Bagi bapak/Ibu guru khususnya operator sekolah yang belum memahami Cara Login dan Mengisi Aplikasi Absensi / Aplikasi Kehadiran Guru (GTK) Secara Online Melalui Laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/. Berikut  penjelasan singkat cara login dan mengisi aplikasi kehadiran guru secara online melalui laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
1. Pastikan anda sudah mensinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2018
2. Masuk ke alamat ini : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id atau KLIK DISINI
    Alternatif Link Login Absensi Guru mampu melalui http://223.27.144.195:2017/
3. Apabila sudah masuk anda tinggal login menyerupai dengan mengisi
NPSN = isi dengan NPSN sekolah Anda
Userid =isi dengan email sekolah yang diinput pada aplikasi dapodik atau sama dengan username pada aplikasi dapodik
Password = Isi dengan password yang sama dengan aplikasi Dapodik

APLIKASI ABSENSI / KEHADIRAN GURU (GTK)


Apabila Anda berhasil Login akan muncul 3 fitur, yakni Beranda, Kehadiran dan Keluar Aplikasi. Silahkan Anda Klik fitur kehadiran

Laman Beranda Aplikasi Daftar Hadir GTK


4.  Sebelum membuat dan mengisi daftar kehadiran guru setiap hari secara online pastikan terlebih dahulu membuat Kalender Sekolah dengan cara klik TAMBAH BARU atau HAPUS SEMUA pada kolom template kalender.
Fitur Buat Kalender Pendidikan

Berikut ini pola Fitur TAMBAH BARU untuk membuat Kalender Pendidikan.

Fitur Tambah Baru pada  Kalender Pendidikan

5.  Setelah akibat membuat Kalender Pendidikan, sekarang Anda mampu membuat Daftar Hadir Guru, caranya pilih semester, pilih bulan kemudian Klik Buat Daftar Hadir, kemudian klik Simpan.

 

Fitur Buat Daftar Kehadiran GTK



6.  Setelah daftar hadir dibuat Anda mampu mengisi daftar hadir dengan menunjukkan Tanda (atau) menghapus tanda (v). Ingat pengisian daftar hadir guru dalam hadir.gtk.kemdikbud.go.id tidak boleh melebih tanggal yang sedang berjalan.

Link Unduh Kalender Pendidikan (KLIK DISINI)

Demikian isu Cara Login dan Mengisi Aplikasi Absensi / Kehadiran Guru (GTK) Secara Online Melalui Laman hadir.gtk.kemdikbud.go.id, agar bermanfaat. 

=======================================================

= Baca Juga =


Sumber http://ainamulyana.blogspot.com/