Cara Cetak Undangan Guru Pembelajar Daring di Situs LMS Elearning Id

Sahabat guru pembelajar yang ketika ini sedang mempersiapkan diri melaksanakan Idul Adha Esok Hari. Bagi yang telah mendapat permintaan menjadi penerima kelas moda daring admin ucapkan selamat, alasannya yaitu anda nantinya tinggal menunggu acara kegiatan saja dan mulai berguru melalui perangkat anda dan untuk sementara bisa melupakan sejenak info info yang beredar mengenai guru pembelajar. Nah bagi yang belum mungkin perlu mengetahu secara detil mengenai alur Alur yang harus dilakukan para guru pembelajar setelah registrasi akun untuk masuk LMS elearning, yakni cetak undangan. Bagi yang belum tahu caranya bisa mengikuti langkah-langkah Guru Pembelajar Pembelajar dalam Jaringan (Moda Daring) dalam situs LMS elearning.id. Jika belum punya jangan lupa unduh juga panduan lengkap LMS guru Pembelajar (disini).

Untuk mencetak permintaan online guru pembelajar moda daring anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah

gambar Cara Cetak Undangan Guru Pembelajar Daring di Situs LMS Elearning Id

Berdasarkan alur penampakkan cetak permintaan online diatas, maka pertama kali bapak ibu silahkan menuju browser internet lalu pada tab browser ketik link http://lms.elearning.id/ atau disini. pada laman selanjutnya gunakan akun guru pembelajar yang telah terdaftar. KLik “lihat Undangan“, lalu terima undangan, lalu cetak permintaan :). Semoga dipahami

Info Terbaru Situs LMS.Elearning.ID

Bagian pengantar, sesi pendahuluan, sesi inti (materi pedagogik satu sesi dan bahan profesional 3 sebanyak 3 sesi), dan sesi penutup.

1. Pengantar

Pada bab pengantar Sistem Guru Pembelajar Moda Daring ditampilkan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

a. Pengumuman dan Berita Forum, yaitu Informasi dan gosip dari pengampu/mentor untuk peserta

b. Forum Umum, merupakan forum umum yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan forum ini yaitu untuk mewadahi acara diskusi, menyebarkan pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala selama kegiatan berlangsung. Forum ini yaitu forum milik peserta, bagi dan untuk peserta.

c. Glosarium, Glosarium ini berisi daftar istilah yang digunakan dalam modul daring

d. Petunjuk Penggunaan, berisi ikon-ikon yang dipergunakan dalam Guru Pembelajar Moda Daring

e. Tips dan Trik Pengampu, berisi Tips dan Trik dalam mengelola pembelajaran Guru Pembelajar Daring bagi pengampu meliputi penggunaan kemudahan Web conference, Chatting, Forum, Message, Blog, E-portofolio, dan Umpan balik (smiley face)

f. Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Pengampu, berisi informasi bahwa dalam sistem pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, pengampu berperan sebagai fasilitator, motivator dan asesor bagi peserta. Oleh alasannya yaitu itu, sangat diharapkan bagi pengampu di setiap kelas daring untuk menunjukkan kontribusinya biar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama penerima maupun antar pengampu dengan peserta.

g. Frequently Asked Questions (FAQs).

h. Blog Refleksi, Refleksi pembelajaran ini dapat digunakan untuk mencurahkan pengalaman belajar, pesan, dan kesan yang dialami selama mengikuti pembelajaran pada modul ini, serta impian yang ingin dicapai melalui pembelajaran ini.

i. E-Portofolio, sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal inie-portofoliomerupakan kumpulan dokumen penerima pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses berguru sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberikomentaroleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada karenanya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi. E-portofolio dapat berbentuk latihan dan peran yang dikerjakan, balasan atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan goresan pena atau jurnal yang dibuat peserta.

2. Sesi Pendahuluan

Kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Daring diawali dengan sesi pendahuluan yang akan Saudara ikuti selama satu minggu. Sesi ini bertujuan untuk menunjukkan penjelasan singkat mengenai ruang lingkup modul yang akan dipelajari (menggunakan web conference), saran dan cara penggunaan modul, penjelasan umum kegiatan Guru Pembelajar Daring dan alur kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Daring pada modul Selama proses pembelajaran di Sesi Pendahuluan ini, pengampu/mentor akan terlibat aktif dalam proses pembimbingan terhadap peserta. Berikut ini yaitu acara yang akan dilakukan oleh pengampu/mentor pada Sesi Pendahuluan:

a. Pengampu bahu-membahu penerima melalui forum umum akan menyepakati acara pelaksanaan Web Conference, kemudian hasil janji acara akan diumumkan pada Pengumuman dan Berita.

b. Pada pelaksanaan Web Conference, pengampu akan melaksanakan perkenalan dengan penerima dan memberikan informasi-informasi penting terkait dengan pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring.

c. Pengampu mengarahkan penerima untuk mengerjakan instrumen kemampuan awal dilanjutkan dengan mencermati Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar, Penjelasan Umum Modul meliputi Target Kompetensi, Hasil Belajar, Prinsip Penilaian Peserta, tagihan, Saran dan Cara Penggunaan Modul dan Alur Kegiatan Pembelajaran.

d. Pengampu harus selalu mengecek Activity Completion untuk memastikan penerima mengikuti seluruh kegiatan dan menunjukkan motivasi kepada penerima yang masih belum melaksanakan acara yang terdapat pada Sesi Pendahuluan.

e. Peran serta yang aktif dari pengampu/mentor dan penerima akan mengoptimalkan proses pembelajaran sesi pendahuluan.

3. Sesi Inti

Sesi inti terdiri dari 4 sesi yang akan dipelajari dalam waktu 40 JP (1 JP setara dengan 60 menit) selama 4 minggu. Kegiatan yang akan diikuti pada setiap sesi yang terdapat di dalam sesi inti yaitu sesi 2 bahan pedagogi, dan sesi 2, 3, 4 berupa bahan profesional sesuai dengan kelompok kompetensi dari masing-masing paket keahlian.

Pada setiap sesi, akan disediakan forum dan blog untuk mempresentasikan aneka macam temuan, pesan tersirat dan kendala yang dihadapi oleh peserta, serta solusi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Dan juga dapat memperoleh pelajaran melalui menyebarkan pengalaman dengan penerima lainnya. Selama mempelajari modul ini, penerima harus menyelesaikan seluruh peran (baik dalam bentuk lembar kerja maupun dokumen/non lembar kerja) yang menjadi tagihan dan menyimpannya dalam e-portofolio. Hasil final kegiatan ini dibuktikan dengan terkumpulnya laporan kegiatan Guru Pembelajar Daring Modul disertai dengan dokumen hasil kegiatan, menyerupai foto-foto kegiatan.

4. Sesi Penutup

Sesi penutup merupakan final dari kegiatan Guru Pembelajar Daringpada Modul. Sesi ini terdiri atas persiapan pelaporan yang dilakukan melaluiweb conference, perlindungan umpan balik, kesimpulan dari bahan Guru Pembelajar Daringyang disajikan melaluiblog,post test, penilaian diri penerima terhadap pencapaian kompetensi dan evaluasi penerima terhadap penyelenggaraan Guru Pembelajar Daring.

Itulah info terkait cara Cara Cetak Undangan Guru Pembelajar Daring di Situs LMS Elearning Id, kalau menurut bapak ibu guru info ini bermanfaat, silahkan di share ke rekain lainnya. Jangan lupa unduh juga kumpulan Modul Guru Pembelajar Lengkap