Cara Cek Kebenaran Suatu Informasi / Berita Baru

Adakalanya kita mendapatkan suatu informasi yang terlihat ibarat sesuatu yang benar tanpa diragukan lagi dari orang lain maupun dari media informasi lainnya.  Namun sesuatu hal yang gres belum tentu benar kalau yang membawakannya bukanlah pihak-pihak yang memiliki kredibilitas yang baik.  Terlebih lagi kalau yang membawa kabar isu atau informasi tersebut yaitu orang yang pernah berbohong atau terlibat dalam suatu konspirasi jahat.

Itulah pentingnya mengecek kebenaran suatu informasi yang beredar dengan menggunakan teknologi yang mutakhir.  Salah satu cara yang paling efektif dalam mencari tahu keabsahan atau kebenaran suatu isu / informasi yang beredar yaitu dengan mengecek di internet.  Suatu informasi yang beredar luas di masyarakat biasanya akan akan informasinya di internet.  Jika informasi itu tidak benar maka akan ada yang menyanggah, dan kalau informasi itu benar maka akan ada banyak orang yang menguatkan info beritanya.

Namun jangan asal mengambil sumber kebenaran secara serampangan saja.  Pilih situs web yang memiliki reputasi yang baik dalam mengantarkan berita-berita yang dapat mengemban amanah yang sangat kecil kemungkinannya melaksanakan kebohongan.  Biasanya website internet yang mempunyai reputasi yang baik yaitu website-website isu dan pemerintahan walaupun keduanya mungkin mampu saja berkonspirasi kalau dikuasai oleh oknum-oknum yang memiliki itikad yang tidak baik.  Jangan hingga kita menjadi korban dan mengalami kerugian akhir mempercayai suatu kabar isu atau informasi yang tidak benar.