Cara Berbuat Baik Kepada Orang yang Sudah Mati / Meninggal Dunia

Kematian bukanlah final dari segalanya.  Hubungan antara diri kita dengan orang yang sudah mati tidak akan terputus begitu saja.  Setidak-tidaknya kita masih mampu mendoakan orang yang sudah meninggal dunia supaya diberikan kebaikan di alamnya oleh Tuhan Yang Mahakuasa SWT.  Walaupun alam dimensi orang yang sudah mati dengan yang masih hidup berbeda, namun orang yang sudah mati masih memungkinkan mendapatkan kebaikan dari kehidupan yang ada di dunia.

Beberapa Cara Melakukan Kebaikan Kepada Orang yang Sudah Meninggal Dunia (Mati) :

1. Berdoa Untuk Orang yang Meninggal Dunia
Kita mampu memohonkan ampunan Tuhan bagi orang yang telah Berpulang ke Rahmatullah walaupun doa tersebut belum tentu 100% diterima.  Namun setidak-tidaknya kita sudah berusaha melaksanakan sesuatu yang baik.  Jika orang yang telah wafat tersebut mengetahui perbuatan kita yang masih hidup di dunia, maka orang yang telah berada di alam kubur akan merasa sangat senang.  Akan jauh lebih baik lagi kalau kita membuat anak kandung dari orang yang meninggal menjadi anak yang soleh dan selalu mendoakan orangtuanya yang sudah meninggal dunia.
2. Membantu Keluarga yang Ditinggalkan
Apabila keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang meninggal dunia berada dalam kesulitan ekonomi atau banyak sekali bentuk kesulitan lainnya maka kita mampu membantu mereka supaya tidak lagi berada dalam kondisi yang sulit.  Kita tidak harus menyumbang dalan bentuk uang atau modal saja, namun juga mampu dalam bentuk yang lain menyerupai pemberian moril, tenaga, bimbingan konseling, perantaraan, pencarian donatur, dan lain sebagainya.

3. Merawat Makam / Kuburan
Semua orang yang masih hidup tentu akan senang apabila nanti setelah meninggal dunia makam orang tersebut akan dirawat dan dijaga dengan baik.  Bebas dari rasa khawatir nantinya kalau makamnya ditumpuk oleh orang mati yang lain dan kerikil nisan atau papan namanya diganti dengan nama orang lain.  Begitu pun juga orang yang telah meninggal dunia mungkin akan merasa senang kalau ada orang yang mau merawat dan menjaga kuburannya dengan baik.

4. Menyambung Silaturahmi dengan Orang yang Dekat dengan Almarhum / Almarhumah
Salah satu cara untuk menyenangkan orang yang sudah mati yaitu dengan membuat senang orang-orang yang erat dengannya semasa waktu dulu hidup di dunia.  Bisa teman, sahabat, mantan orang yang dicintai, saudara, kerabat, dan lain-lain.  Hal ini akan jauh lebih baik lagi apabila dilakukan oleh anak atau cucu dari orang yang meninggal dunia.

5. Bersedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia
Memberikan sedekah kepada orang yang berhak menerimanya dan mengatasnamakan orang yang sudah meninggal dunia yaitu sesuatu hal yang diperolehkan.  Dengan demikian kalau kita memiliki keluasan rezeki tidak ada salahnya kita melaksanakan sesuatu yang bermanfaat kepada mayat yang kita sayangi, kita kagumi, kita hormati, dan lain sebagainya dengan cara mengirimkan pahala sedekah kepada orang yang telah wafat tersebut.  Mudah-mudahan pahala atas sedekah tersebut hingga kepada si mayat dan memperlihatkan menfaat kepadanya di alam kubur dan atau di alam akhirat.

Demikian hal-hal sederhana yang dapat kami sampaikan mengenai teknik / metode / cara berbuat baik kepada orang yang sudah meninggal dunia / mati.  Mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang atau yang tidak sesuai.  Mudah-mudahan artikel yang singkat ini dapat membawa kebaikan untuk kita semua, amin.  Terima kasih atas kunjungan anda.