Cara Belajar Menjadi Orang yang Berbeda dan Lebih Baik

Setiap orang hendaknya melaksanakan instrospeksi diri terhadap dirinya sendiri.  Dengan melaksanakan evaluasi diri tentu bisa membuat kita lebih baik dari diri kita yang sebelumnya bila dilakukan dengan baik dan benar.  Jadikan banyak sekali masukan, saran, kritik, hinaan, cercaan, dan lain sebagainya sebagai materi untuk perbaikan diri kita sendiri.  Jangan anti terhadap masukan dari orang lain, alasannya yakni bisa jadi kita tidak memiliki kemampuan untuk menilai diri kita sendiri sudah sebaik apakah kita saat berhadapan dengan orang lain atau sebagus apakah hasil pekerjaan kita.

Salah satu cara mencari jati diri kita sendiri yakni dengan melaksanakan uji coba banyak sekali jenis perbaikan yang mungkin untuk dilakukan kepada orang lain secara pribadi di lapangan.  Kita bisa mencobanya terhadap orang-orang yang gres kita kenal.  Uji coba setiap perbaikan dilakukan kepada beberapa orang untuk dapat melihat hasilnya.  Dari situ nanti akan ditemukan maka jenis perbaikan diri yang paling baik untuk kita terapkan dalam kehidupan kita selanjutnya.

Misalnya perbaikan A yakni perbaikan cara berkomunikasi dengan banyak gerakan tubuh, banyak senyum, banyak membuat lelucon, banyak menanyakan hal-hal berkaitan dengan keluarga, dan lain-lain.  Sedangkan perbaikan B yakni perbaikan cara berkomunikasi dengan sedikit gerakan tubuh, senyum seperlunya, tidak membuat lelucon, tegas dalam berbicara, dan lain sebagainya.  Diharapkan mudah-mudahan ditemukan formula yang sempurna bagaimana kita harus berperilaku dalam kehidupan kita sehari-hari.