Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

Pada posting kali ini blog akan menyebarkan beberapa tips atau cara berguru efektif, efisien dan menyenangkan yang ditulis berdasarkan pengalaman salah satu rekan kerja aku selama menjadi pengajar di salah satu sekolah kabupaten Muara Enim. Walaupun yang kami sampaikan hanyalah teori, namun kami berharap bisa menjadi rujukan yang efektif bagi rekan-rekan pendidik di Indonesia khususnya yang sedang membaca postingan ini.

Sahabat guru yang berbahagia, Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat langkah-langkah pembelajaran. salah satu langkah pembelajaran ialah menuliskan judul bahan dan tujuan pembelajaran pada papan tulis. tujuan pembelajaran haruslah final dan tercapai. tujuan pembelajaran dianggap tercapai dilihat dari tuntas dan tercapai bahakn terlampauinya hasil berguru siswa melebihi KKM yang telah ditentukan. semoga tujuan pembelajaran tercapai guru harus menciptakan suasana berguru siswa yang efektif, efisien dan menyenangkan yang akan membuat siswa bisa mengingat,mengerti, dan memahami bahan yang dijelaskan oleh guru. Baiklah, Perhatikan 4 hal berikut yang mensugesti pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan:

4 Cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan

1. Guru harus konsisten dengan waktu pembelajaran

Waktu sangat mempengaruhi, jadi guru tidak boleh datang terlambat masuk kelas, tidak mengulur waktu final pembelajaran, tidak mengganti/menukar jam pelajaran secara mendadak. Selama proses pembelajaran guru juga harus menggunakan waktu yang ada untuk berguru bukan dengan hal lain yang akan menghilangkan mood berguru siswa. misalnya terlalu larut menceritakan pengalaman hidup layaknya seorang ibu yang mendongengkan anaknya yang ingin tidur

2. Berikanlah bahan pelajaran sesuai dengan silabus dan RPP

gambar mengajar sesuai silabus dan RPP

selama waktu berguru tidak membahas hal lain di luar konteks pembelajaran kecuali hanya sekedar ice breaking untuk kembali memfokuskan konstrasi siswa yang lelah belajar. gunakanlah waktu seefektif dan seefisien mungkin selama berguru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai guru yang profesional tentunya membuat silabus dan RPP bukan hal yang sulit, jikalau membutuhkan referensi, silahkan unduh juga silabus dan RPP TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK KTSP dan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016/2017 (disini).

3. Pemilihan metode/model pembelajaran Kerja Kelompok

Materi pembelajaran dan metode/model pembelajaran haruslah cocok maksudnya metode/model pembelajaran yang digunakan haruslah sesuai dengan bahan yang akan disampaikan. misalnya bahan yang padat yang banyak penjelasan tidaklah pas jikalau menggunakan metode ceramah akan sangat membosankan bagi siswa hanya memandang guru bangun di depan/tengah kelas menjelaskan dengan bahasa buku atau sibuk mencatat di papan tulis. cobalah menggantinya dengan diskusi kelompok yang selain akan terlihat kemampuan presentasi siswa akan terlihat juga keaktifan semua siswa berinteraksi selama diskusi. pemilihan metode/model pembelajaran yang sempurna untuk sebuah bahan pembelajaranakan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

4. Gunakan sumber berguru bisa berupa buku atau alat peraga

sumber berguru merupakan rujukan yang digunakan oleh guru dan siswa yang relevan dengan bahan pembelajaran. sumber berguru bisa berupa buku atau alat peraga yang menunjang proses pembelajaran. bahan bagus, metode/model pembelajaran yang digunakan tepat/sesuai dengan bahan namun sumber berguru yang berupa alat peraga atau alat bantu mengajar tidak ada atau kurang memadai, hal ini akan membuat kurang tertarik untuk berguru sehingga proses pembelajaran tidak efektif dan efisien. alat peraga dalam pembelajaran sama pentingnya dengan sumber belajar.

misalnya seorang guru IPA yang akan memberikan bahan struktur organ jantung dan hati namun hanya menjelaskan struktur jantung dan hati dari sebuah buku hanya digambarkan sekilas di papan tulis. apa reaksi penerima didik? tidak ada reaksi, dikala ditanya siswa hanya membisu tanpa menunjukkan pendapat/sanggahan, mengangguk-anggukan atau bahkan menggeleng-gelengkan kepala alasannya ialah resah dengan penjelasan gurunya. cobalah menjadi guru yang sedikit kreatif jikalau tidak ada alat peraga yang tersedia di sekolah, bisa jadi menampilkan video atau slide wacana struktur jantung dan hati atau jikalau tidak ada bisa menggunakan carta sehingga antara apa yang dijelaskan oleh guru dan apa yang dipikiranpeserta didik bisa dimengerti dan dipahami.

Baca juga:

Demikian share Tips/cara Belajar Efektif, Efisien Dan Menyenangkan. semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua :), nah berikutnya jangan lupa baca juga postingan blog guru-id yang membahas wacana Contoh Pembelajaran Yang Menyenangkan