Burung Kakatua, Burung Yang Pandai Bicara

Perpustakaan Cyber (3/5/2015) – Aneka satwa bersayap yang ada di Indonesia begitu menarik untuk dikenali. Banyak keunikan dan fakta menarik untuk diketahui. Termasuk burung satu ini, siapa yang tidak mengenal burung yang berakal bicara satu ini. Burung kakatua yang memiliki warna bulu-bulu yang menarik namun cenderung putih. Setiap ada orang yang melewati dirinya maka akan terdengar ocehan dari burung kakatua. Tidak heran tidak sedikit insan yang memelihara burung yang bisa berceloteh riang satu ini. Identik dengan paruh bengkok dan juga lincah memang terlihat dari burung kakatua. Bahkan burung kakatua sering diikutkan dalam kontes burung. Kakatua dapat bicara dan juga dapat bernyanyi. Karena keunikan dari burung satu ini maka tidak heran dimunculkan lagu belum dewasa burung kakatua. Sangat menarik memang melihat agresi dari burung satu ini. Anda tentu penasaran apa saja fakta-fakta dibalik burung kakatua yang mulai banyak digemari ini. Berikut fakta-fakta yang dapat Anda ketahui:

1. Alur Bicara Burung Kakatua
Ketika Anda berjumpa dengan burung kakatua yang dipelihara tentu burung tersebut akan berceloteh kalimat tertentu. Yang terperinci burung ini dapat mengucapkan “kakatua” secara berulang-ulang. Untuk satu ucapan kalimat akan terlihat jeda. Namun ternyata burung kakatua akan kembali mengulangi kalimat yang sama. Kalimat yang keluar dari burung kakatua tentu sebab dilatih oleh sang pemilik. Tidak banyak kalimat yang dapat ditirukan oleh si burung pintar ini. Butuh waktu sebab tentunya burung kakatua juga harus menyimpan kalimat di dalam otaknya. Namun yang menakjubkan untuk Anda ketahui yaitu burung kakatua cepat menyerap ucapan yang dilatihkan dan dengan lancar menirukan kembali.
2. Burung Dengan Suara Ternyaring
Fakta lain dari burung kakatua yaitu dari bunyi burung yang dikeluarkan. Ketika Anda mendengar ocehan burung ini tentu akan melengking. Dan hanya burung kakatua yang memiliki bunyi dengan lengkingan dan sangat nyaring. Tidak ada burung lain yang bisa mengalahkan pita bunyi luar biasa dari burung kakatua. Suara ternyaring yang dimiliki oleh burung kakatua menjadi fakta menarik  dari burung lincah satu ini. Tidak heran ketika ada kontes khusus burung kakatua ada banyak kategori yang dilombakan. Mulai dari bernyanyi, cerita, hingga bercakap-cakap. 
3. Mampu Menyerap Namun Tidak Mengerti
Hanya insan yang dibekali kemampuan untuk mengerti setiap tindakan yang dilakukan. Burung kakatua walaupun terlihat pintar berbicara namun burung ini tidak tahu apa arti dari ucapan yang dikeluarkan. Burung kakatua hanya asal mengoceh mengikuti anutan dari sang pemilik. Namun walaupun begitu tetap terlihat menyenangkan untuk dipelihara. Karena rumah menjadi tidak terasa sepi. Ada saat-saat tertentu burung kakatua akan mengoceh dengan sendirinya.
4. Warna Unik Burung Kakatua
Terkait dengan warna, menyerupai yang sudah disebutkan di atas, burung kakatua yang biasa dipelihara identik dengan warna putih. Namun ada juga warna lain dari spesies burung satu ini. Warna-warna menarik bulu ini menyerupai merah, hijau, kuning, biru, dan juga hijau. Bahkan ada burung kakatua yang memiliki gradasi warna yang sangat menarik. Anda dapat melihat warna-warna menarik dari bulu burung kakatua ketika berada di kebun binatang atau penangkaran burung.
Walaupun termasuk burung yang boleh dipelihara namun ketika ini dalam jual-beli begitu ketat. Sebab ada oknum-oknum yang melaksanakan tindakan kurang bertanggung jawab untuk burung kakatua. Sehingga burung kakatua termasuk salah satu burung yang juga dalam perhatian pemerintah Indonesia.


Sumber http://www.nafiun.com/